Kontribusi Iklim Organisasi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Terhadap Program Bimbingan dan Konseling

Penulis

  • Silvia Agustina Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Uman Suherman Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.6136

Abstrak

Program bimbingan dan konseling di sekolah memegang peran penting dalam membantu siswa mengatasi berbagai masalah yang terkait dengan kehidupan pribadi, akademik, dan sosial. Namun, keberhasilan program ini tergantung pada iklim organisasi sekolah yang mendukung dan sarana serta prasarana yang memadai. Artikel ini membahas peran dan tanggung jawab berbagai pihak dalam implementasi program bimbingan dan konseling, serta pentingnya layanan khusus sebagai pendukung program tersebut. Metode penelitian ini menggunakan kajian kepustakaan, dan artikel ini menganalisis kontribusi iklim organisasi yang memengaruhi program bimbingan dan konseling, termasuk dukungan kepemimpinan, pemahaman peran guru, dan fasilitas sekolah. Diperlukan kerjasama antara kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling, guru bidang studi, staf administrasi, dan layanan khusus untuk mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu, pemahaman yang mendalam tentang peran dan tanggung jawab masing-masing pihak serta upaya bersama dalam menciptakan iklim organisasi yang kondusif sangatlah penting demi tercapainya program bimbingan dan konseling.

Kata kunci: iklim organisasi, sekolah, program bimbingan dan konseling

Diterbitkan

2024-06-17

Cara Mengutip

Silvia Agustina, & Uman Suherman. (2024). Kontribusi Iklim Organisasi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Terhadap Program Bimbingan dan Konseling. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1665–1675. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.6136

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama