Kontribusi Iklim Organisasi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Terhadap Program Bimbingan dan Konseling
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.6136Abstrak
Program bimbingan dan konseling di sekolah memegang peran penting dalam membantu siswa mengatasi berbagai masalah yang terkait dengan kehidupan pribadi, akademik, dan sosial. Namun, keberhasilan program ini tergantung pada iklim organisasi sekolah yang mendukung dan sarana serta prasarana yang memadai. Artikel ini membahas peran dan tanggung jawab berbagai pihak dalam implementasi program bimbingan dan konseling, serta pentingnya layanan khusus sebagai pendukung program tersebut. Metode penelitian ini menggunakan kajian kepustakaan, dan artikel ini menganalisis kontribusi iklim organisasi yang memengaruhi program bimbingan dan konseling, termasuk dukungan kepemimpinan, pemahaman peran guru, dan fasilitas sekolah. Diperlukan kerjasama antara kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling, guru bidang studi, staf administrasi, dan layanan khusus untuk mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu, pemahaman yang mendalam tentang peran dan tanggung jawab masing-masing pihak serta upaya bersama dalam menciptakan iklim organisasi yang kondusif sangatlah penting demi tercapainya program bimbingan dan konseling.
Kata kunci: iklim organisasi, sekolah, program bimbingan dan konseling
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Silvia Agustina, Uman Suherman
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.