Penerapan Pelaksanaan Bimbingan Karir Terhadap Pengarahan Kelanjutan Studi Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)

Penulis

  • Nurul Fatimah Nur Mukharomah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Muh. Nur Rochim Maksum Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6142

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tahapan pelaksanaan bimbingan karir dan kebermanfaatan pelaksanaan bimbingan karir. Metode penelitian yaitu kualitatif yang menggunakan jenis penelitian penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yaitu Guru Bimbingan dan Konseling (Guru BK), Guru Mata Pelajaran, dan Siswa kelas XII SMA Muhammadiyah Al-Kautsar PK Kartasura penelitian menunjukkan bahwa bimbingan karir di SMA Muhammadiyah Al-Kautsar PK Kartasura memiliki empat tahapan yaitu tahap penyadaran diri, tahap penjagaan pilihan (eksplorasi), tahap mengampil keputusan, tahap perencanaan tindakan. Bimbingan karir di SMA Muhammadiyah Al-Kautsar PK Kartasura bermanfaat karena dengan adanya bimbingan karir dapat meningkatkan minat siswa untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Kesimpulannya yaitu bimbingan karir terbukti memberikan manfaat yang baik dalam membantu siswa, khususnya di kelas dua belas SMA Muhammadiyah Al-Kautsar PK Kartasura, untuk meningkatkan kematangan mereka dalam mengeksplorasi pilihan karir. Aspek sikap dan kompetensi siswa mengalami perkembangan positif melalui layanan bimbingan karir.

Kata kunci: bimbingan karir, studi lanjutan , tahapan bimbingan karir

Diterbitkan

2024-07-10

Cara Mengutip

Nurul Fatimah Nur Mukharomah, & Muh. Nur Rochim Maksum. (2024). Penerapan Pelaksanaan Bimbingan Karir Terhadap Pengarahan Kelanjutan Studi Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 209–222. https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6142

Citation Check