Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Kebiasaan Game Online Siswa Dengan Perilaku Agresif Pada Sekolah Menengah Atas (SMA)

Penulis

  • Farida Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
  • Imam Pribadi Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
  • Muhammad Irham Zainuri Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
  • Ainul Fahmi Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
  • Septya Suarja Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.6146

Abstrak

Perilaku agresif di kalangan pelajar merupakan masalah yang seringkali menjadi fokus perhatian dalam bidang pendidikan dan psikologi. Dalam upaya untuk mengatasi dan mencegah perilaku agresif, penting untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara kontrol diri dan kebiasaan game online dengan perilaku agresif pelajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelajar kelas XI IPS I, XI IPS II, XII IPS I, XII IPS II SMAN 10 Luwu dengan jumlah populasi sebanyak 122 siswa. 122 populasi akan diplih secara acak oleh peneliti. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil dalam penelitian ini ialah bahwa kontrol diri relative tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap perilaku agresif siswa. Kebiasaan game online memiliki hubungan yang signifikan terhadap perilaku agresif siswa SMA. Ketika siswa mempunyai kemampuan kontrol diri yangh baik, maka dapat mengurangi perilaku agresif yang timbul akibat terlalu sering bermain game online.

Kata kunci: kontrol diri, kebiasaan game online, perilaku agresif pelajar

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Farida, Imam Pribadi, Muhammad Irham Zainuri, Ainul Fahmi, & Septya Suarja. (2024). Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Kebiasaan Game Online Siswa Dengan Perilaku Agresif Pada Sekolah Menengah Atas (SMA). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1871–1883. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.6146

Citation Check