Dampak Media Sosial Pada Persepsi Siswa SD: Sebuah Studi Fenomenologi

Penulis

  • Ni'mah Wahyuni Univeritas Madako Tolitoli, Indonesia
  • Syaiful Hidayat Universitas Madako Tolitoli, Indonesia
  • Karmila Risa Rahmawati Universitas Madako Tolitoli, Indonesia
  • Asrianti Universitas Madako Tolitoli, Indonesia
  • Hamna Universitas Madako Tolitoli, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6251

Abstrak

Semakin meluasnya penggunaan media sosial, siswa di SD mudah mendapat informasi yang dapat memengaruhi pandangan siswa tentang karir dimasa depan. Oleh karena itu, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti konsekuensi dari interaksi dengan media sosial terhadap pemahaman karir yang dimiliki oleh siswa tingkat dasar, khususnya di SD Negeri 17 Tolitoli. Penelitian ini meneliti bagaimana media sosial memengaruhi pandangan siswa terhadap berbagai pilihan karir di masa depan. Dalam penelitian ini, metode deskriptif kualitatif diterapkan melalui pendekatan fenomenologi-kontekstualistik. Subjek penelitian ini terdiri dari 20 puluh siswa yang tergabung dalam kelas V dan VI. Metode pengumpulan data yang diterapkan adalah trianggulasi sumber melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data mencakup reduksi data, penyajian informasi, dan penarikan kesimpulan secara deduktif. Dampak penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial sangat memengaruhi persepsi dan berkonstribusi pada pilihan karir siswa SD, serta menyediakan panduan bagi pendidik dan orang tua untuk memberikan bimbingan karir yang lebih baik.

Kata kunci: karir, sekolah dasar, media sosial, studi fenomenologi

Diterbitkan

2025-01-21

Cara Mengutip

Ni’mah Wahyuni, Syaiful Hidayat, Karmila Risa Rahmawati, Asrianti, & Hamna. (2025). Dampak Media Sosial Pada Persepsi Siswa SD: Sebuah Studi Fenomenologi. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 1277–1288. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6251

Citation Check