Dampak Media Sosial Pada Persepsi Siswa SD: Sebuah Studi Fenomenologi
DOI:
https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6251Abstrak
Semakin meluasnya penggunaan media sosial, siswa di SD mudah mendapat informasi yang dapat memengaruhi pandangan siswa tentang karir dimasa depan. Oleh karena itu, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti konsekuensi dari interaksi dengan media sosial terhadap pemahaman karir yang dimiliki oleh siswa tingkat dasar, khususnya di SD Negeri 17 Tolitoli. Penelitian ini meneliti bagaimana media sosial memengaruhi pandangan siswa terhadap berbagai pilihan karir di masa depan. Dalam penelitian ini, metode deskriptif kualitatif diterapkan melalui pendekatan fenomenologi-kontekstualistik. Subjek penelitian ini terdiri dari 20 puluh siswa yang tergabung dalam kelas V dan VI. Metode pengumpulan data yang diterapkan adalah trianggulasi sumber melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data mencakup reduksi data, penyajian informasi, dan penarikan kesimpulan secara deduktif. Dampak penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial sangat memengaruhi persepsi dan berkonstribusi pada pilihan karir siswa SD, serta menyediakan panduan bagi pendidik dan orang tua untuk memberikan bimbingan karir yang lebih baik.
Kata kunci: karir, sekolah dasar, media sosial, studi fenomenologi
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ni'mah Wahyuni, Syaiful Hidayat, Karmila Risa Rahmawati, Asrianti, Hamna

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.