Validitas dan Pengembangan Instrumen Skala Inventori Kemampuan Menjalin Relasi Pertemanan Siswa Sekolah Menengah Atas: Analisis RASCH Model
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6257Abstrak
Kemampuan menjalin relasi pertemanan menjadi krusial di masa remaja agar remaja memiliki hubungan pertemanan yang sehat dan bermakna dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen kemampuan menjalin relasi pertemanan siswa SMA yang teruji secara psikometrik baik dari sisi uji validitas maupun uji reliabilitas instrumen menggunakan metode analisis RASCH model. Instrumen penelitian telah diujicobakan kepada 350 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari uji validitas instrumen dengan analisis RASCH model pada nilai Outfit MNSQ, Outfit ZSTD dan Pt Measure Corr, dari 65 item yang dikembangkan, total item yang memenuhi standar psikometrik berjumlah 58 item. Adapun reliabilitas instrumen pada nilai alpha Cronbach berada pada kriteria bagus sekali, bahkan secara person reliability berada pada kategori bagus sekali dan item reability berada pada ketegori istimewa. Oleh karena itu, instrumen kemampuan menjalin relasi pertemanan siswa SMA telah memenuhi syarat psikometrik dan dapat digunakan sebagai instrumen untuk mengukur kemampuan menjalin relasi pertemanan siswa SMA.
Kata kunci: pertemanan, siswa, instrumen, SMA
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Siti Rohimah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.