Model Conteks, Input, Proses Dan Produk (CIPP) Dalam Evaluasi Bimbingan Dan Konseling: Studi Tinjauan Pustaka
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6281Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berbagai literatur tentang model evaluasi Context, input, process dan product (CIPP) yang dapat diterapkan dalam bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (library research) dengan mencari berbagai sumber referensi yang relevan (buku, makalah atau artikel ilmiah) tentang model CIPP dalam evaluasi bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan analisis isi dalam menganalisis data yaitu melakukan analisis terhadap isi dari setiap referensi tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi model Context, input, process dan product (CIPP) menjadi salah satu model evaluasi efektif yang dapat digunakan dalam evaluasi program bimbingan dan konseling karena berfokus pada perbaikan dan peningkatan program bimbingan dan konseling. Penelitian ini meningkatkan kesadaran dan pemahaman pembaca terkhusus guru BK dalam menerapkan model CIPP pada evaluasi program Bimbingan dan Konseling di sekolah.
Kata kunci: evaluasi, model CIPP, manajemen bimbingan dan konseling
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Salsabila Farah Diba, Uman Suherman
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.