Pelaksanaan Komunikasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dan Tenaga Kependidikan di SMA Cerdas Murni Tembung
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6315Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan komunikasi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan di SMA Cerdas Murni Tembung. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana kepala sekolah menerapkan dan mensosialisasikan peraturan-peraturan serta mengembangkan kinerja guru dan tenaga kependidikan melalui kegiatan yang mendukung profesionalitas mereka. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan sebagai responden utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang efektif dari kepala sekolah memainkan peran penting dalam pencapaian kinerja yang optimal. Kepala sekolah yang mampu membangun komunikasi yang baik, memberikan arahan yang jelas, dan memotivasi guru serta tenaga kependidikan berhasil menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan produktif. Selain itu, keberhasilan komunikasi internal yang baik antara kepala sekolah dan stafnya berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan prestasi siswa di bidang akademik dan non-akademik. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya peran kepala sekolah dalam manajemen komunikasi untuk meningkatkan kinerja institusi pendidikan secara keseluruhan.
Kata kunci: komunikasi, kepala sekolah, kinerja
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Neliwati, Asril Umar, Yeni Nasril
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.