Konsep Diri Dan Kematangan Karier Siswa Kelas XII SMA Di Kabupaten Semarang

Penulis

  • Feni Febrianti Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Dewita Karema Sarajar Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6463

Abstrak

Siswa kelas XII SMA dihadapkan pilihan dalam menentukan karier. Dengan demikian, perlu memiliki konsep diri yang baik untuk mencapai kematangan karier. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kematangan karier pada siswa kelas XII SMA di Kabupaten Semarang. Metode penelitian secara kuantitatif dengan desain korelasional. Teknik pengambilan data melalui kuesioner dengan skala likert pada 200 partisipan dengan Teknik quota sampling. Metode analisis data yang digunakan uji korelasi Spearman's Rho. Terdapat dua skala dalam penelitian, yaitu skala konsep diri dan skala kematangan karier. Hasil penelitian ini terdapat korelasi sebesar 0,307 dan nilai signifikansi 0.000 (p < 0,05). Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara konsep diri dan kematangan karier. Artinya apabila konsep diri tinggi maka kematangan karier juga tinggi begitupun sebaliknya. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan guru BK memfasilitasi siswa dalam membentuk konsep diri yang baik sehingga dapat memiliki kematangan karier yang baik.

Kata kunci: konsep diri, kematangan karier, siswa SMA

Diterbitkan

2024-08-23

Cara Mengutip

Febrianti, F., & Dewita Karema Sarajar. (2024). Konsep Diri Dan Kematangan Karier Siswa Kelas XII SMA Di Kabupaten Semarang. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 628–635. https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6463

Citation Check