Peranan Bimbingan dan Konseling Dengan Teknik Self-Control Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6507Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan bimbingan dan konseling dengan teknik self-control dalam mengatasi kecanduan game online pada siswa di SMA Negeri 1 Batang Kuis. Peneliti ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu guru BK, wali kelas, dan 3 siswa laki-laki yang mengalami kecanduan game online. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabasahan data pada penelitian ini dengan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru BK yaitu memberikan pemahaman kepada siswa yang mengalami kecanduan game online dengan melakukan pengontrolan serta pengawasan terhadap perkembangan diri siswa. Serta menerapkan teknik self-control yang meliputi kontrol perilaku, kontrol kognitif, dan kontrol pengambilan keputusan. Faktor pendukung guru BK yaitu orang tua, wali kalas, dan guru BK. Faktor penghambat guru BK yaitu adanya peraturan baru yang mengizinkan siswa untuk membawa handphone ke sekolah dan kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar.
Kata kunci: bimbingan dan konseling, teknik self-control, kecanduan game online
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Farhan Dwizar, Fauziah Nasution
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.