PENGARUH HAFALAN AL-QUR’AN TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH SURONATAN YOGYAKARTA

Penulis

  • Risnawati Pasaribu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v2i2.66

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui tingkat hafalan Al-Qur’an siswa, 2) mengetahui tingkat kedisiplinan belajar siswa, 3) mengetahui tingkat prestasi belajar siswa, 4) mengetahui pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap kedisiplinan belajar siswa, 5) mengetahui pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa, 6) mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa, 7) mengetahui pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif. Populasi penelitian 220 siswa. Teknik sampling menggunakan proportional stratified random sampling. Jumlah sampel penelitian 150 siswa. Hasil penelitian ini, 1) tingkat hafalan Al-Qur’an dalam kategori sangat baik, 2) tingkat kedisiplinan belajar dalam kategori baik, 3) tingkat prestasi belajar dalam kategori sangat baik, 4) ada pengaruh signifikan hafalan Al-Qur’an terhadap kedisiplinan belajar, 5) ada pengaruh yang signifikan hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar, 6) ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar, 7) pengaruh tidak langsung hafalan Al-Quran terhadap prestasi belajar sebesar 0,121 lebih kecil dari pengaruh langsung sebesar 0,204.
Kata kunci: hafalan al-quran, kedisiplinan belajar, dan prestasi belajar

Diterbitkan

2019-02-06

Cara Mengutip

Pasaribu, R. (2019). PENGARUH HAFALAN AL-QUR’AN TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH SURONATAN YOGYAKARTA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2). https://doi.org/10.31316/g.couns.v2i2.66

Citation Check