Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Self Management Pada Siswa Kecanduan Tiktok

Penulis

  • Dinda Asmidar Tanjung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Ahmad Syarqawi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6985

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aplikasi tiktok sehingga mengganggu peroses pembelajaran karna itu self management mengurangi kecanduan tiktok. Metode penelitian pendekatan kuantitatif Pre-eksperimen menggunakan teknik self management pada siswa kecanduan tiktok di SMK Swasta Muhammadiyah 3 Aek kenopan. Terdapat 10 responden yang berada pada kategori tinggi, Pengumpulan data dilakukan dengan pre-test dan post-test sebelum dan sesudah sesi konseling kelompok dengan pendekatan teknik self management. Data dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dengan SPSS. Dari hasil Posttest, tingkat kecanduan tiktok yang berada pada kategori tinggi mencapai 20% dengan jumlah 2 orang siswa, sedangkan skor yang berada pada kategori rendah mencapai 80% dengan jumlah 8 orang siswa. Hasil penelitian yang dilakukan pada uji Wilcoxon Signed Rank Test. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management pada siswa kecanduan tiktok dapat memiliki dampak yang signifikan dalam berbagai aspek, terutama dalam pengembangan pribadi siswa dan peningkatan kualitas pendidikan.

Kata kunci: bimbingan kelompok, self management, kecanduan tiktok

Diterbitkan

2024-10-21

Cara Mengutip

Dinda Asmidar Tanjung, & Ahmad Syarqawi. (2024). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Self Management Pada Siswa Kecanduan Tiktok. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 768–781. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6985

Citation Check