Pengembangan The Thing Puzzle Interactive Media untuk Mengasah Keterampilan Verbal bagi Slow Learner

Penulis

  • Tintin Susilowati Universitas Islam Negeri Kiai Ageng Muhammad Besari Ponorogo, Indonesia
  • Panggih Wahyu Nugroho Universitas Islam Negeri Kiai Ageng Muhammad Besari Ponorogo, Indonesia
  • Rianto Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
  • Anis Rahmadhani Universitas Islam Negeri Kiai Ageng Muhammad Besari Ponorogo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.7161

Abstrak

Slow learner adalah siswa yang memiliki level kognitif yang lebih rendah serta  keterbatasan dalam berbahasa verbal dibandingkan dengan teman sebayanya. Pembelajar kategori slow learner memerlukan media dalam belajar bahasa seperti the Thing Puzzle Intective Media untuk menunjang keterampilan dalam  berkomunikasi secara verbal. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana pengembangan media puzzle untuk mengasah keterampilan verbal. Ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini berupa pengembangan “puzzle interaktif” dengan materi, tampilan, dan layout yang menarik, sehingga sesuai digunakan sebagai media dalam pembelajaran bahasa bagi slow learner. Produk ini, membantu slow learner menyusun dan merangkai kalimat sederhana dengan struktur yang sempurna berbantuan gambar dan kata kunci yang tercantum didalam “puzzle”. Media ini meningkatkan antusias serta motivasi slow learner dalam berbahasa verbal. Media ini juga melatih slow learner agar menghasilkan kalimat sederhana yang bermakna secara kontektual.

Kata kunci: the thing puzzle interactive media, keterampilan verbal, slow learner

Diterbitkan

2025-08-31

Cara Mengutip

Tintin Susilowati, Nugroho, P. W., Rianto, & Anis Rahmadhani. (2025). Pengembangan The Thing Puzzle Interactive Media untuk Mengasah Keterampilan Verbal bagi Slow Learner. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(3), 2504–2517. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.7161

Citation Check