Pengembangan The Thing Puzzle Interactive Media untuk Mengasah Keterampilan Verbal bagi Slow Learner
DOI:
https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.7161Abstrak
Slow learner adalah siswa yang memiliki level kognitif yang lebih rendah serta keterbatasan dalam berbahasa verbal dibandingkan dengan teman sebayanya. Pembelajar kategori slow learner memerlukan media dalam belajar bahasa seperti the Thing Puzzle Intective Media untuk menunjang keterampilan dalam berkomunikasi secara verbal. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana pengembangan media puzzle untuk mengasah keterampilan verbal. Ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini berupa pengembangan “puzzle interaktif” dengan materi, tampilan, dan layout yang menarik, sehingga sesuai digunakan sebagai media dalam pembelajaran bahasa bagi slow learner. Produk ini, membantu slow learner menyusun dan merangkai kalimat sederhana dengan struktur yang sempurna berbantuan gambar dan kata kunci yang tercantum didalam “puzzle”. Media ini meningkatkan antusias serta motivasi slow learner dalam berbahasa verbal. Media ini juga melatih slow learner agar menghasilkan kalimat sederhana yang bermakna secara kontektual.
Kata kunci: the thing puzzle interactive media, keterampilan verbal, slow learner
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Tintin Susilowati, Panggih Wahyu Nugroho, Rianto, Anis Rahmadhani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling

G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










