PROSES KOMUNIKASI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI SISWA YANG BERMASALAH DALAM PROSES BELAJAR (Studi Kasus SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta)

Penulis

  • Fungky Sofia Alwi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v2i2.72

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: (1) Proses belajar siswa di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. (2) Proses komunikasi guru BK dalam mengatasi siswa bermasalah dalam proses belajar di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Metode penelitian adalah kualitatif yang disampaikan dengan deskriptif. Penelitian menggunakan teknik purposive sampling, yaitu siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta angkatan tahun 2017-2018. Pengumpulan data dilakukan dengan interview, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini: (1) Masalah dalam proses belajar siswa di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta seperti: malas mengikuti pelajaran, tidak dapat konsentrasi saat mengikuti pelajaran, tertidur saat guru mata pelajaran menjelaskan materi, masalah keluarga, masalah antar teman, dan masalah yang lainnya. Guru mata pelajaran sudah berusaha untuk memberikan materi semaksimal mungkin. Guru BK telah melakukan fungsi layanan BK secara maksimal dalam konseling proses belajar siswa. (2) Proses komunikasi guru BK dalam mengatasi siswa bermasalah dalam proses belajar di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta melalui: tahap persiapan, tahap pembentukan, dan tahap evaluasi.
Kata kunci: komunikasi, guru bk, proses belajar

Diterbitkan

2019-02-06

Cara Mengutip

Sofia Alwi, F. (2019). PROSES KOMUNIKASI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI SISWA YANG BERMASALAH DALAM PROSES BELAJAR (Studi Kasus SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2). https://doi.org/10.31316/g.couns.v2i2.72

Citation Check