PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK

Penulis

  • Rubini - SMA Negeri 1 Bambanglipuro Bantul Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v2i2.73

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran di kelas melalui layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Alat pengumpulan data yang digunakan angket dan pedoman observasi. Pada Siklus I, siswa yang kemandirian belajarnya sangat tinggi ada 17 anak, siswa yang kemandirian belajarnya tinggi ada 8 anak, siswa yang kemandirian belajarnya cukup ada 7 anak, sedang siswa yang kemandirian belajarnya kurang dan rendah tidak ada. Pada Siklus I ditemukan ada dua, indikator yang hasilnya masih di bawah kriteria keberhasilan yaitu indikator percaya diri 79.04% dan indikator berinisiatf sendiri/mau berbuat sendiri 73.83%. Pada Siklus II terjadi peningkatan, siswa yang kemandirian belajarnya sangat tinggi ada 27 anak dan siswa yang kemandirian belajarnya tinggi ada 5 anak. Siswa yang kemandirian belajarnya cukup, kurang dan rendah tidak ada. Hasil analisis kuantitatif per indikator kemandirian belajar pada Siklus I dibandingkan Siklus II maka hasilnya lebih baik karena telah mencapai 80%.
Kata kunci: kemandirian belajar, bimbingan kelompok, siswa kelas X

Diterbitkan

2019-02-06

Cara Mengutip

-, R. (2019). PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2). https://doi.org/10.31316/g.couns.v2i2.73

Citation Check