TEKNIK MODELING TERHADAP PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK SMA

Penulis

  • Trifosa Dyah Puspitaningrum Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.76

Abstrak

Peserta didik SMA merupakan individu yang berada pada pintu gerbang yang akan
dihadapkan pada pilihan untuk memasuki studi lanjut atau dunia kerja. Menghadapi
pilihan tersebut perlunya persiapan yang baik, salah satunya berupa perencanaan karir.
Perancanaan karir adalah kegiatan individu dalam menentukan langkah yang akan
dilakukan untuk mencapai tujuan karir yang telah ditetapkan. Hal tersebut sesuai dengan
kemampuan dan persyaratan yang meliputi pengetahuan dan pemahaman akan diri
sendiri, pengetahuan dan pemahaman akan pekerjaan, serta penggunaan penalaran yang
benar antara diri sendiri dan dunia kerja. Perencanaan karir yang baik dapat dicapai, salah
satunya ialah melalui teknik modeling. Teknik modeling adalah suatu teknik yang
digunakan untuk mengubah perilaku, kognitif dan afektif seseorang melalui pengamatan
yang dilanjutkan pada proses meniru atau meneladani tingkah laku model yang
ditampilkan. Peserta didik dapat memperoleh pembelajaran mengenai karir melalui
pengamatan model secara langsung sehingga dapat dengan mudah mengaplikasikannya.
Model yang ditampilkan adalah tokoh-tokoh yang karirnya dapat menginspirasi peserta
didik. Pengalaman karir tokoh diharapkan dapat dipergunakan peserta didik untuk
merumuskan karirnya hingga terwujud dalam sebuah perencanaan karir yang tepat.
Kata kunci: teknik modeling, perencanaan karir

Diterbitkan

2019-02-06

Cara Mengutip

Dyah Puspitaningrum, T. (2019). TEKNIK MODELING TERHADAP PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK SMA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.76

Citation Check