KETELADANAN GURU-GURU AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SEKOLAH MUHAMMADIYAH (Studi Kasus di Tiga Sekolah Besar SMA Muhammadiyah di Yogyakarta)

Penulis

  • Wahyu Wijayanta Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.77

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui keteladanan guru-guru al-Islam dan kemuhammadiyahan
di sekolah-sekolah Muhammadiyah (2) Mengetahui bentuk-bentuk
keteladanan guru-guru al-Islam dan ke-muhammadiyahan di sekolah-sekolah
Muhammadiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian mix methods. Teknik pengumpulan
data, menggunakan angket, wawancara dan dokumentas. Teknik analisis data dengan
menggunakan meta analisis. Hasil penelitin ini yaitu: (1) Keteladanan guru-guru al-Islam
dan ke-muhammadiyahan di sekolah-sekolah Muhammadiyah khususnya SMA
Muhammadiyah 1, SMA Muhammadiyah 2 dan SMA Muhammadiyah 3, pada tahun
pelajaran 2016/2017 dalam kategori sangat baik, (2) Bentuk-bentuk keteladanan guruguru
al-Islam dan kemuhammadiyahan dalam kategori sangat baik, bentuk keteladanan
meliputi; memberi salam saat bertemu, ramah dan murah senyum, sering menggunakan
bahasa al-Quran, berpakaian bersih dan rapi serta sederhana, beretika Islami, perhatian,
pemaaf dan tenang, manjauhi sifat kasar dalam bermuamalah, berhati penyayang, takwa,
selalu berdoa untuk anak, lemah lembut dan muamalah dengan anak, menjauhi sikap
marah, bersikap adil dan tidak pilih kasih yang diterapkan di kelas dan sekolah.
Kata kunci: keteladanan, guru-guru al-Islam dan ke-muhammadiyahan

Diterbitkan

2019-02-06

Cara Mengutip

Wijayanta, W. (2019). KETELADANAN GURU-GURU AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SEKOLAH MUHAMMADIYAH (Studi Kasus di Tiga Sekolah Besar SMA Muhammadiyah di Yogyakarta). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.77

Citation Check