MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL-ISLAM DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (PERBANDINGAN DI SMP MUHAMMADIYAH 2 DAN 3 YOGYAKARTA)

Penulis

  • Nailul Izzah Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i2.807

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran Al-Islam, mengetahui perbedaan dan persamaan manajemen pembelajaran Al-Islam, dan mengetahui faktor penghambat dan solusi strategisnya manajemen pembelajaran Al-Islam dalam implementasi Kurikulum 2013. Jenis penilitian ini adalah penelitian fenomenologi, dengan pendekatan mixed method menggabungkan dua bentuk penelitian kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan dengan trianggulasi, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara mendalam, dan angket, kemudian analisis data yang dilakukan menggunakan konsep Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunujukan bahwa manajemen pembelajaran Al-Islam dalam implementasi Kuirkulum 2013 di SMP Muhammadiyah 2 dan 3 Yogyakarta. 1) Manajemen pembelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah 2 dan 3 Yogyakarta sudah menjalankan sesuai tupoksinya dengan baik. 2) Kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran Al-Islam dalam implementasi 2013, yaitu; alokasi waktu yang sedikit, banyaknya muatan materi pelajaran pada masing-masing Al-Islam (Akhlak, Al-Qur’an, Fikih dan Tarikh), input siswa menengah. 3) Persamaan manajemen pembelajaran dikedua sekolah meliputi; Leading, Planning, Organizing, Controlling. 4. Perbedaan manajemen pembelajaran Al-Islam SMP Muhammadiyah 2 dominan KTSP, mengutamakan penialian sikap.
Kata Kunci: manajemen, pembelajaran al-islam, kurikulum 2013.

Diterbitkan

2020-06-26

Cara Mengutip

Izzah, N. (2020). MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL-ISLAM DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (PERBANDINGAN DI SMP MUHAMMADIYAH 2 DAN 3 YOGYAKARTA). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2). https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i2.807

Citation Check