PENGARUH PROGRAM PENDIDIKAN FULLDAY SCHOOL TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI TKIT DI DIY

Penulis

  • Endang Widianingsih Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.84

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program pendidikan Full Day School
terhadap perkembangan kecerdasan social emosional anak usia dini TKIT di DIY. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survey dengan
pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru dari 7 TKIT yang ada di
DIY dengan teknik sampling acak bertingkat (multistage random sampling). Teknik
pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara dan observasi, sedangkan teknis
analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian diperoleh bahwa
tidak adanya pengaruh program pendidikan Full Day School terhadap perkembangan
kecerdasan social emosional anak usia dini TKIT di DIY karena lebih dipengaruhi oleh
faktor pengasuhan, pembimbingan dan keteladanan.
Kata kunci: full day school, kecerdasan sosial emosional, anak usia dini

Diterbitkan

2019-02-06

Cara Mengutip

Widianingsih, E. (2019). PENGARUH PROGRAM PENDIDIKAN FULLDAY SCHOOL TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI TKIT DI DIY. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.84

Citation Check