STUDI EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KOMBINASI TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (Penelitian pada SMP Negeri 3 Bantul Yogyakarta)

Penulis

  • Wakitri - SMP Negeri 3 Bantul Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.88

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan motivasi dan aktivitas
belajar peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran tipe STAD dikombinasikan
TGT dengan peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional.
Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi
Experimental Design. Sampel eksperimen sebanyak 32 peserta didik dan sampel kontrol
sebanyak 30 peserta didik. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Bantul. Data
dikumpulkan melalui angket dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis
deskriptif kuantitatif dan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Hasil uji beda dengan rumus ttes
memperlihatkan bahwa peningkatan motivasi belajar nilai p (sig) pada t adalah 0,000
< 0,05. Nilai p(sig) pada t untuk peningkatan aktivitas belajar adalah 0,000 < 0,05
sehingga ada perbedaan rata-rata motivasi dan aktivitas belajar antara kelompok kontrol
dan kelompok eksperimen setelah penerapan model pembelajaran tipe STAD
dikombinasikan dengan TGT. Kelompok eksperimen mengalami peningkatan rata-rata
aktivitas dan motivasi belajar lebih tinggi dari pada kelompok kontrol..
Kata kunci: pembelajarn, motivasi, aktivitas, STAD, TGT

Diterbitkan

2019-02-06

Cara Mengutip

-, W. (2019). STUDI EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KOMBINASI TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (Penelitian pada SMP Negeri 3 Bantul Yogyakarta). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.88

Citation Check