Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi Untuk Memfasilitasi Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.31316/j.derivat.v2i2.129Abstract
Pada saat ini pembelajaran yang mengutamakan kemampuan berpikir kritis mahasiswa banyak menjadi pembicaraan. Berpikir kritis merupakan salah satu karakter yang akhir-akhir ini memang menjadi isu pendidikan, selain menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak anak bangsa.. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa perlu dilakukan inovasi pembelajaran. Berdasarkan pemikiran itulah maka peneliti akan melakukan penelitian pengembangan untuk mengembangkan bahan ajar yang berbasis integrasi interkoneksi untuk memfasilitasi peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi.Penelitian ini merupakan penelitian pemgembangan dengan menggunakan desain yang mengadaptasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Langkah tersebut terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap uji produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan bahan ajar berbasis integrasi interkoneksi dengan kualitas sangat baik dengan persentase keidealan sebesar 87,6 % dari ahli materi, 86% ahli media, dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa sebesar 17,5135.
Â
Kata Kunci: Bahan ajar, integrasi interkoneksi, berpikir kritis.Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).