Peningkatan Konsentrasi Dan Hasil Belajar Komposisi Fungsi Dan Fungsi Invers Dengan Pembelajaran Kooperatif Type Numbered Head Together (NHT) Pada Kelas XI TP 2
DOI:
https://doi.org/10.31316/j.derivat.v2i2.130Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran yang mampu meningkatkan konsentrasi dan hasil belajar; 2) meningkatkan konsentrasi belajar; dan 3) mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan diterapkanya type pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada kompetensi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers di kelas XI TP 2 SMK N 3 Yogyakarta.
Setting dan subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TP 2 yang berjumlah 32 siswa. Data tentang konsentrasi dikumpul dengan instrumen lembar observasi dan hasil belajar diambil dari hasil tes ahir siklus. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis diskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian adalah 100% siswa mencapai kriteria BAIK untuk indikator konsentrasi dan untuk indikator hasil belajar 75% peserta didik minimal mencapai KKM.
Hasil penelitian pada pra tindakan  skor konsentrasi 6,6% dengan kriteria baik dan hasil belajar diatas KKM sebesar 41%. Skor konsentrasi pada siklus I naik menjadi 50% mencapai kriteria baik diikuti kenaikan hasil belajar sebesar 50% mencapai nilai diatas KKM. Pada siklus II pencapaian skor konsentrasi dengan kriteria baik meningkat drastis menjadi 100% dan hasil belajar sebesar 91 % diatas KKM.
Â
Kata Kunci : Numbered Head Together (NHT), Konsentrasi, Hasil Belajar.Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).