Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 11 Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.31316/j.derivat.v2i2.133Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII C di SMP Negeri 11 Yogyakarta pada pokok bahasan kubus dan balok dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 11 Yogyakarta. Objek penelitian adalah pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pokok bahasan kubus dan balok. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes pemahaman konsep, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 11 Yogyakarta dengan pokok bahasan kubus dan balok dapat: (1) Meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yaitu sebelum dilaksanakan tindakan pembelajaran rata-rata nilai siswa sebesar 39,74 dan ketuntasan sebesar 0% (kategori rendah), setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 71,62 dan ketuntasan sebesar 55,88% (kategori cukup) pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 85,66 dan ketuntasan sebesar 85,29 % (kategori tinggi) pada siklus II. (2) Keterlaksanaan pembelajaran dilihat dari kegiatan guru sebesar 73,33% (kategori cukup), kegiatan siswa sebesar 56,47% (kategori cukup) pada siklus I dan pada siklus II keterlaksanaan pembelajaran dilihat dari kegiatan guru meningkat menjadi 96,67% (kategori tinggi), kegiatan siswa menjadi 83,71% (kategori tinggi).
Â
Kata kunci : Pemahaman Konsep Matematika, Model Pembelajaran Inkuiri TerbimbingDownloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).