Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Quantum Teaching (QT) Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 2 Turi

Monita Dwiyani, Niken Wahyu Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas model kooperatif, efektivitas model Quantum Teaching (QT), dan efektivitas model Quantum Teaching (QT) bila dibandingkan dengan model kooperatif jika ditinjau dari kreativitas belajar siswa.

Populasi dari penelitian semu ini adalah  siswa kelas VIII SMP N 2 Turi yaitu VIII A, VIII B, VIII C, dan VIII D. Sampel penelitian adalah VIII B (kelas control) dan VIII A (kelas eksperimen). Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes kreativitas yang sudah diujicobakan (untuk diketahui valid dan reliable).

Uji hipotesis berupa uji proporsi satu populasi dan uji proporsi dua populasi. Berdasarkan uji proporsi satu populasi kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,004 dengan taraf nyata 5% (0,004<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa model Kooperatif tidak efektif. Sedangkan berdasarkan uji proporsi satu populasi kelas eksperimen diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,020 dengan taraf nyata 5% (0,020<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa model Quantum Teaching tidak efektif. Jika kedua model dibandingkan maka berdasarkan uji proporsi dua populasi diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,869 dengan taraf nyata 5% dan dapat diketahui bahwa nilai signifikansi lebih besar daripada taraf nyata (0,869>0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa model Quantum Teaching lebih efektif daripada model Kooperatif.

 

Kata Kunci:     Efektivitas Pembelajaran, Model Quantum Teaching, Kreativitas Belajar

Full Text:

##PDF##


DOI: https://doi.org/10.31316/j.derivat.v2i2.134

Article Metrics

Abstract view : 55 times
##PDF## - 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter 

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Derivat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Indexing By: