PEMANFAATAN MUSEUM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KASIHAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pemanfaatan museum sebagai sumber belajar. 2) pemanfaatan museum dalam meningkatkan minat belajar sejarah. 3) pemanfaatan museum untuk meningkatkan prestasi belajar sejarah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara melakukan observasi, Studi dokumen, dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) dengan berkunjung ke museum koleksi yang ada dapat dimanfaatkan oleh siswa dari sumber belajar dengan memanfaatkan museum siswa menjadi sangat aktif karena siswa dapat memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam mengenai sejarah sehingga berbagai informasi yang sesuai dengan materi yang diajarkan dapat didapatkan dari kunjungan museum, 2) dengan kunjungan ke museum ataupun dengan museum virtual siswa dapat mengetahui koleksi atau benda-benda bersejarah sehingga pembelajarannya akan sangat menyenangkan disamping membuat siswa antusias pasti dampaknya akan membangitkan minat belajar siswa, 3) dengan kunjungan ke museum dapat meningkatkan prestasi siswa hal itu bisa dilihat dari hasil ulangan siswa sebelum dan sesudah pembelajaran kunjungan museum atau museum virtual, dengan adanya pembelajaran dimuseum yang dapat meningkatkan minat belajar siswa juga akan meningkat berdasarkan data-data hasil ulangan siswa.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 KARMAWIBANGGA: Historical Studies Journal
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â
The work is distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.