STRATEGI MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS 8B SMP NEGRI 11 YOGYAKARTA, TAHUN AJARAN 2022/2023 MELALUI PERMAINAN KARTU
Abstrak
Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam pengumpulan data yaitu penelitian tindakan kelas atau class research. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar para siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Pada pembelajaran dibutuhkan strategi pembelajaran yang tujuan belajar mengajar bisa di peroleh secara lebih berdaya guna dan tepat sasaran. Selain itu, penggunaan metode pembelajaran yang masih kurang membuat peserta didik kurang aktif di dalam kelas. Berdasarkan identifikasi kegiatan belajar, semangat belajar yang ditunjukkan peserta didik mengalami tren peningkatan. Adapun dibutuhkan metode untuk meningkatkan minat. Hal tersebut bisa dilihat dari indeks peningkatan yang terjadi pada siklus pertama dan kedua. Penerapan model pembelajaran melalui permainan kartu dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas 8B SMP Negeri 11 Yogyakarta pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Dengan menggunakan metode permain kartu juga mampu memberi ruang yang cukup besar untuk bisa menuangkan dan memfasilitasi segala konsep yang terkesan abstrak dalam ilmu pengetahuan ke dalam bentuk yang lebih sederhana dan mudah dicerna secara baik. Selain itu, fleksibilitas dalam permainan kartu juga dianggap penting agar permainan bisa menjadi media belajar yang lebih variatif dan menyenangkan. Terbukti, bahwasannya dari hasil pengamatan yang dilakukan di kelas, keaktifan para murid setelah diterapkan penggunaan metode pembelajaran melalui permainan kartu tingkat belajar dari siklus ke siklus semakin meningkat.
Kata Kunci: Minat, Permainan Kartu, Prestasi dan Strategi
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 KARMAWIBANGGA: Historical Studies Journal
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â
The work is distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.