STRATEGI MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS 8B SMP NEGRI 11 YOGYAKARTA, TAHUN AJARAN 2022/2023 MELALUI PERMAINAN KARTU

Penulis

  • ecy rebon Universitas PGRI Yogyakarta
  • Muhammad Iqbal Birsyada Universitas PGRI Yogyakarta
  • Darsono Universitas PGRI Yogyakarta

Abstrak

Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam pengumpulan data yaitu penelitian tindakan kelas atau class research. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar para siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Pada pembelajaran dibutuhkan strategi pembelajaran yang tujuan belajar mengajar bisa di peroleh secara lebih berdaya guna dan tepat sasaran. Selain itu, penggunaan metode pembelajaran yang masih kurang membuat peserta didik kurang aktif di dalam kelas. Berdasarkan identifikasi kegiatan belajar, semangat belajar yang ditunjukkan peserta didik mengalami tren peningkatan. Adapun dibutuhkan metode untuk meningkatkan minat. Hal tersebut bisa dilihat dari indeks peningkatan yang terjadi pada siklus pertama dan kedua. Penerapan model pembelajaran melalui permainan kartu dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas 8B SMP Negeri 11 Yogyakarta pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Dengan menggunakan metode permain kartu juga mampu memberi ruang yang cukup besar untuk bisa menuangkan dan memfasilitasi segala konsep yang terkesan abstrak dalam ilmu pengetahuan ke dalam bentuk yang lebih sederhana dan mudah dicerna secara baik. Selain itu, fleksibilitas dalam permainan kartu juga dianggap penting agar permainan bisa menjadi media belajar yang lebih variatif dan menyenangkan. Terbukti, bahwasannya dari hasil pengamatan yang dilakukan di kelas, keaktifan para murid setelah diterapkan penggunaan metode pembelajaran melalui permainan kartu tingkat belajar dari siklus ke siklus semakin meningkat.

Kata Kunci: Minat, Permainan Kartu, Prestasi dan Strategi

Diterbitkan

2024-02-02

Cara Mengutip

rebon, ecy, Muhammad Iqbal Birsyada, & Darsono. (2024). STRATEGI MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS 8B SMP NEGRI 11 YOGYAKARTA, TAHUN AJARAN 2022/2023 MELALUI PERMAINAN KARTU. KARMAWIBANGGA: Historical Studies Journal, 1–17. Diambil dari https://journal.upy.ac.id/index.php/karmawibangga/article/view/5239

Terbitan

Bagian

Articles