PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN BERPIKIR KRITIS DALAM DISKUSI SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 KASIHAN

Penulis

  • Dito Fernando Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/fkip.v7i01.6614

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui pengembangan instrumen berpikir kritis dalam diskusi siswa kelas X SMK N 1 Kasihan. (2) Mengetahui kualitas instrumen pengukuran berpikir kritis siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development). Penelitian R&D adalah metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan produk tertentu. Dalam penelitian ini peneliti mengembangkan instrumen pengukuran berpikir kritis dalam diskusi siswa. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah ADDIE yang menggunakan beberapa langkah yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation).

Hasil penelitian ini menghasilkan: (1) pengembangan instrumen melalui validasi oleh tiga validator yang memilki rata-rata tinggi dengan skor 0.966%. setelah diujicobakan kepada siswa menunjukan rata-rata daya berpikir kritis tergolong tinggi dengan perolehan rata-rata 73.90%. (2) hasil validitas instrumen menyatakan bahwa pada setiap butir instrumen dinyatakan valid, hasil reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen reliabel dengan perolehan skor 0.896, hasil uji kelayakan pada setiap butir soal menunjukkan bahwa instrumen ini layak dengan skor kelayakan 73.96%, dan hasil uji daya berpikir kritis menunjukkan skor tinggi dengan perolehan rata-rata 73.90%.

Diterbitkan

2025-04-24

Cara Mengutip

Fernando, D. (2025). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN BERPIKIR KRITIS DALAM DISKUSI SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 KASIHAN. KARMAWIBANGGA Historical Studies Journal, 7(1), 1–15. https://doi.org/10.31316/fkip.v7i01.6614

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check