PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP MINAT BELI ULANG PENGGUNA JASA MASKAPAI SRIWIJAYA AIR DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2310Abstract
Abstrak
Dunia penerbangan saat ini berkembang dengan pesat dan banyak diminati juga memiliki daya tarik yang cukup besar kepada pengguna jasa penerbangan. Untuk dapat bertahan dalam persaingan, setiap perusahaan tentunya perlu melakukan peningkatan kualitas pelayanan dan citra perusahaan yang dimiliki sehingga dapat mempertahankan juga meningkatkan jumlah konsumen untuk menggunakan jasa perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra perusahaan baik secara parsial maupun simultan terhadap minat beli ulang pengguna jasa maskapai Sriwijaya Air di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Penelitian ini dilakukan di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini yaitu i) kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat beli ulang pengguna jasa maskapai sriwijaya air di Bandar udara Internasional Juanda surabaya yang dapat dilihat dari nilai thitung 3,721 > ttabel 1,985. ii) citra perusahaan berpengaruh terhadap minat beli ulang pengguna jasa maskapai sriwijaya air di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya yang dapat dilihat dari nilai thitung 4,002 > ttabel 1,985. iii) Berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan citra perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap minat beli ulang pengguna jasa maskapai sriwijaya air di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya yang dapat dilihat dari nilai Fhitung 68,067 > Ftabel 3,09 dengan besarnya pengaruh 58,4%.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Minat Beli Ulang
Â
Abstract
The world of aviation is currently growing rapidly and is in great demand and has a considerable appeal to flight service users. To be able to survive in the competition, every company certainly needs to improve the quality of service and the image of the company it has so that it can maintain and increase the number of consumers to use the company's services. This research was conducted with the aim of knowing the effect of service quality and corporate image either partially or simultaneously on the repurchase intention of Sriwijaya Air service users at Juanda International Airport, Surabaya. This research was conducted at Juanda International Airport, Surabaya. The research method used is a quantitative method with data collection techniques using a questionnaire. The results of this study are i) the quality of service affects the repurchase interest of Sriwijaya Air airline service users at Juanda International Airport, Surabaya which can be seen from the value of tcount 3.721 > ttable 1.985. ii) company image has an effect on repurchase interest of Sriwijaya Air airline service users at Juanda International Airport Surabaya which can be seen from the value of tcount 4,002 > ttable 1,985. iii) Based on the results of the F test, it shows that service quality and company image simultaneously affect the repurchase interest of Sriwijaya Air airline service users at Juanda International Airport, Surabaya, which can be seen from the Fcount 68,067 > Ftable 3,09 with a magnitude of 58.4%. .
Keywords: Quality of Service, Company Image, Repurchase InterestReferences
DAFTAR PUSTAKA
Anwar,M.C. (2020, Januari 20). Sriwijaya Akui Citranya Negatif setelah cerai dengan Garuda. www.cnbcindonesia.com. Diakses dari https://www.cnbcindonesia.com/news/20200120133922-4-131259/sriwijaya-akui-citranya-negatif-setelah-cerai-dengan-garuda . (Diakses pada 28 juni 2021)
Apriyani, N., & Suharti. (2017). Analisis Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan, dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Ulang Pengguna Smartphone Xiaomi. Jurnal Manajemen Dewantara. 1(1), 21-34
Batubara, N.S.U., Nasution, A.P., & Prayoga,Y. (2021). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Tabung Gas LPG 12 KG Pada PT.Jalahan Arta Prima Rantauprapat. Jurnal Manajemen Akuntansi. 1(1), 86-96
Casmana, A. R., Dewantara, J. A., Timoera, D. A., Kusmawati, A. P., & Syafrudin, I. (2021). Global citizenship: preparing the younger generation to possess pro-environment behavior, mutual assistance and tolerance awareness through school engagement. Globalisation, Societies and Education, 0(0), 1–18. https://doi.org/10.1080/14767724.2021.2013167
Ghozali, Imam. 2016 .Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hartanto, Riadi (2018). Analisis Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pembelian Ulang Jasa Transportasi Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Skripsi. Program Studi Strata-1 Manajemen Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara Medan.
Isnaini, P. N., & Dewi, D. A. (2021). Upaya Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Di Masa Pandemi Covid-. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 322–328. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1344
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2013. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1 dan 2. Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016). Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Mascargo.(2019, Agustus 20). Sriwijaya Air Sebagai Salah Satu Maskapai Penerbangan di Indonesia. Mascargo.com. Diakses dari https://www.mascargoexpress.com/sriwijaya-air-adalah/ . ( Diakses pada 28 Juni 2021)
Miranthi, A., & Idris. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Penumpang New Atlas Taksi Semarang). Diponegoro Journal Of Management. 6(3), 1-8
Nurahmdhani, T.(2021). Kisah Sriwijaya Air : sejarah berdiri dan arti logo.Wuryantoro.com. Diakses dari https://www.wuryantoro.com/2021/01/kisah-sriwijaya-air-sejarah-berdiri-dan.html . ( Diakses pada 30 Juni 2021)
Nurfitriani, S., & Iriani, F. (2018). Citra Merek, Kualitas Merek, Harga dan Pengaruhnya Pada Minat Beli Ulang Produk Kecantikan Wardah. Jurnal Sebatik. 56-63
Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.
Pertiwi, S. G., & Hidayah, Y. (2021). Implementasi Pendidikan Hak Asasi Manusia dalam Dunia Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 376–380. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1717
Putra,Pramono.(2019, November 07). Ratusan calon penumpang Sriwijaya dan Nam Air di Bandara Juanda gagal terbang.daerah.sindownews.com.Diakses dari https://daerah.sindonews.com/berita/1456546/174/ratusan-calon-penumpang-sriwijaya-dan-nam-air-di bandara-juanda-gagal-terbang. ( Diakses pada 28 Juni 2021 )
Rachma, N., and Afi Rahmat Slamet. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Gojek Malang (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen. 8(13).
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif,kualitatif dan R & D .Bandung : Alfabeta
Tjiptono, Fandy. 2011. Service Quality and Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta : Andi
Ulfah, N., Hidayah, Y., & Trihastuti, M. (2021). Urgensi Etika Demokrasi di Era Global: Membangun Etika dalam Mengemukakan Pendapat bagi Masyarakat Akademis Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 329–346. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1576
Wijaya, T. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Edisi 1. Jakarta : PT.Indeks
Wijiastuti, R.D., & Cantika, N. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Jasa Gofood Di Kota Sorong. Jurnal Ilmiah Kalianda Halok Gagas. 4(1)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Khofifah Irma Hafsani, Fryda Fatmayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.