PENINGKATAN KREATIVITAS, MINAT DAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH

Authors

  • MARYONO MARYONO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan besaran peningkatan kreativitas, minat dan prestasi hasil belajar pada Ilmu Pengetahuan Sosial yakni kreativitas yang mendapat minimal baik 90%, minat belajar yang mendapat minimal baik 85% dan prestasi hasil belajar tuntas 100%. Rendahnya kreativitas, minat, dan prestasi hasil belajar siswa disebabkan oleh sebuah fenomena bahwa siswa sering merasa kurang tertarik dalam proses pembelajaran yang monoton. Pendekatan pembelajaran Make A Match dapat mengubah suasana pembelajaran, yang efektif, menjadi hidup dan menyenangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas belajar siswa dari 11 (52,38%) kondisi awal meningkat 19 (90,47%) siswa,Minat belajar siswa kondisi awal 13 (61,90%) meningkat 18 (85,71%) siswa, sedangkan hasil belajar kondisi awal 15 (71.42%) meningkat menjadi 21 (100%) pada siklus II dengan KKM 78. Pendekatan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan kreativitas belajar, minat belajar dan prestasi hasil belajar siswa dalam menentukan prestasi di kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Girisubo.
Kata kunci; Pendekatan kontekstual, kreativitas, minat dan prestasi belajar.
This research is almed to establish the increasing of creativity, interest and achievement of social sciences lesson. For creativity student shoilget minimally Good 90% learning interest should get minimally good 85% and learning achievement get perfect 100%.A learning achievement approachment of Make A Match can change effective learning atmosphere, tobe more interesting and aliveThe research shows that student learning dreativity increased from II student’s from 11 (52,38%) and in cycle to 19 (90,47%) in cycle 2. Student’s learning interest increases from 13 (61,90%) and 18 (85,71%) in cycle 2. Whereas the learning achievement in the first conditions is 15 (71,42%) increases into and 21 (100%) in cycle 2. At least 78 (KKM). So it can be conclude that the approachment of Make A Match Learning Model can increase the student’s learning creativity, interest and achievement in establishing the achievement of X Akuntansi SMK N 1 Girisubo.
Key words: Contextual Approachment, Creativity, Interest & Achievement

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto Suharsimi,dkk.,2006.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Gunadi, 2015.Jurnal AdiKarsa “Teknologi Komunikasi Pendidikan Yogyakarta, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Kompri, 2015.Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Miftahul Huda, 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Muhibbin Syah, 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Syaiful Bahri Djamarah, 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional

Trianto, 2010.Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP).Jakarta: PT Bumi Aksara

Published

2022-03-11