PENGARUH SARANA BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS

Authors

  • SUSTIANINGSIH SUSTIANINGSIH UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh sarana belajar terhadap prestasi belajar IPS, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS, dan (3) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar IPS, (4) pengaruh sarana belajar, motivasi belajar, dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Se-Kecamatan Wates, Kulon Progo Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah sarana belajar, motivasi belajar, disiplin belajar, dan prestasi belajar IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas VII SMP Sekecamatan Wates, Kulon Progo sebanyak 970 orang. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling kelompok (cluster sampling) dengan jumlah sampel mencapai 258 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisa regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara sarana belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa (diperoleh nilai thitung=2,314>ttabel=1,980 dengan sig=0,000<0,05 signifikan). Artinya meningkatnya sarana belajar akan diikuti peningkatan prestasi belajar IPS. (2) Ada pengaruh positifdan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa (diperoleh nilai thitung=2,313>ttabel=1,980 dengan sig=0,000<0,05 signifikan). Artinya meningkatnya motivasi belajar akan diikuti peningkatan prestasi belajar IPS. (3) Ada pengaruh positifdan signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa (diperoleh nilai thitung=2,390>ttabel=1,980 dengan sig=0,000<0,05 signifikan). Artinya meningkatnya disiplin belajar akan diikuti peningkatan prestasi belajar IPS. (4) Ada pengaruh positifsarana belajar, motivasi belajar, dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa (diperoleh nilai Fhitung=10,743>Ftabel=2,642 dengan sig 0,000<0,05 signifikan). Sarana belajar, motivasi belajar, dan disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa. Implikasi dalam penelitian ini, maka hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi maupun sumber teori yang dapat digunakan sebagai materi pendukung dalam penelitian yang berhubungan dengan materi tersebut.
Kata Kunci: sarana belajar, motivasi belajar, disiplin siswa, dan prestasi belajar IPS
This research aimed to identify the effects of (1) learning facilities, (2) learning motivation, and (3) learning discipline, individually, (4) learning facilities, learning motivation, and learning facilities, collectively, on Social Studies learning achievement of Junior High School (JHS) seventhgradersin Wates Sub-district, KulonProgo District in 2019/2020
 Sustianingsih adalah Guru SMP.
Jurnal Sosialita, Vol. 16, No.2, November 2021 Sustianingsih, Pengaruh Sarana…
246
Academic Year. This was a descriptive-quantitative research. Variables composed of learning facilities, learning motivation, learning discipline, and Social Studies learning achievement. Population involved 970 JHSseventhgraders in Wates Sub-district, KulonProgo. Cluster sampling technique was used on 258 students. Data were gathered through the useof questionnaire and documentation techniques. Multiple linear regression was adopted to analyze data. Result indicated that there were: (1) positive and significant effect of learning facilities on students’ Social Studies learning achievement (ttest=2.314>ttable=1.980with sig=0.000<0.05 significant). It indicated that the improvement of learning facilities was followed by the increase of Social Studies learning achievement; (2) positive and significant effect of learning motivation on students’ Social Studies learning achievement (ttest =2.313>ttable=1.980 with sig=0.000<0.05 significant). It indicated that the improvement of learning motivation was followed by the increase of Social Studies learning achievement; (3) positive and significant effect of learning discipline on students’ Social Studies learning achievement (ttest =2.390>ttable=1,980 with sig=0.000<0.05 significant was obtained). It showed that learning discipline was followed by the increase of Social Studies learning achievement; (4) positive effects of learning facilities, learning motivation, and learning discipline, collectively, on students’ Social Studies learning achievement (Ftest=10.743>Ftable=2.642 with sig 0.000<0.05 significant was). Learning facilities, learning motivation, and learning discipline have provided effects on students’ Social Studies learning achievement. It has implied that the result of this research is able to be adopted as one of references and theoretical sources to support material of related research.
Keywords: learning facilities, learning motivation, learning discipline, and Social Studies learning achievement

References

DAFTAR PUSTAKA

Hadi Sabari Yunus. 2016. Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto, 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Jurnal Sosialita, Vol. 16, No.2, November 2021 Sustianingsih, Pengaruh Sarana…

Suharsimi, Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Winkel, W.S. 2015. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Yatim Riyanto. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC

Downloads

Published

2022-03-11