PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI, KEBIASAAN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS

Authors

  • FAUZAN ABADI FAUZAN ABADI UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
  • SUNARTI SUNARTI UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi, kebiasaan belajar dan lingkungan keluarga secara parsial maupun bersama terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII MTs GUPPI Semin Gunungkidul Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs GUPPI Semin Gunungkidul tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 68 siswa. Seluruh siswa tersebut akan diteliti, sehingga penelitian ini merupakan penelitian studi populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket atau kuesioner kepada semua siswa kelas VIII MTs GUPPI Semin Gunungkidul TP 2019/2020 dan mendokumentasikan nilai prestasi mata pelajaran IPS dari raport semester II. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan uji statistik Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier dengan menguji thitung terhadap ttabel untuk menguji pengaruh setiap variabel bebas (motivasi berprestasi, kebiasaan belajar, dan lingkungan keluarga) terhadap variabel terikat dengan taraf signifikansi 0,05. Selain regresi linier, penelitian ini juga menggunakan regresi ganda dengan menguji Fhitung terhadap Ftabel untuk menguji secara bersama-sama pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dengan taraf signifikansi 0,05.
Kata kunci : motivasi berprestasi, kebiasaan belajar, lingkungan keluarga, prestasi belajar.
This study aimed to determine the effect of achievement motivation, study habits influence, and the influence of family environment partially or jointly on learning achievements of students of class VIII MTs IPS GUPPI Semin Gunungkidul academic year 2019/2020. This study uses quantitative methods. The population used in this study were all eighth grade students of MTs GUPPI Semin Gunungkidul 2019/2020 school year, amounting to 68 students. All students will be studied, so this research is the study of population studies. Data collection was done by giving a questionnaire or questionnaires to all eighth grade students of MTs GUPPI Semin Gunungkidul TP 2019/2020 and documenting social studies achievement scores of the second semester report cards. Test the validity of the instrument using the formula product moment correlation, while the reliability of the instrument using Cronbach's Alpha statistical test. The data analysis technique used is linear regression with test tcount against ttable to test the effect of each independent variable (achievement motivation, study habits, and family environment) on the dependent variable with a significance level of 0,05. In addition to linear regression, this study also used multiple regression to test Fcount against Ftable to examine jointly the effect of independent variables on the dependent variable with a significance level of 0,05.
Keywords : achievement motivation, study habits, family environment, school performance.

Downloads

Published

2022-03-11

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>