UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACVIEMENT DEVISIONS (STAD)
Abstract
MarharjonoABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, dan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Acviement Devisions (STAD). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan tes dengan deskriptif komperatif sebagai tehnik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan 1) motivasi belajar siswa meningkat dari sebanyak 21 siswa (58,3%) pada prasiklus, menjadi 23 siswa (69,9%) dan 27 siswa (75,0%) pada pertemuan I dan II siklus I, serta menjadi 29 siswa (80,6%) dan 32 siswa (88,9%) pada pertemuan I dan II siklus II. 2) prestasi belajar sejarah meningkat, pada prasiklus rata-rata 71,9 dan ketuntasan belajar 23 siswa (63,9%), meningkat menjadi rata-rata sebesar 75,9 dan ketuntasan belajar 28 siswa (77,8%) pada siklus I, serta rata-rata 82,4 dengan ketuntasan belajar sebanyak 33 siswa (91,7%) pada siklus II.
Kata Kunci : motivasi, prestasi belajar, student teams acviement devisions
This research aims to increase students' motivation and achievement through cooperative learning type Student Teams Action Divisions (STAD). This research is a classroom action research with 2 cycles. Collecting data using observation, questionnaires, and comparative descriptive tests as data analysis techniques. The results showed that there was an increase in 1) students' learning motivation increased from 21 students (58.3%) in the pre-cycle, to 23 students (69.9%) and 27 students (75.0%) at the first and second meetings of the first cycle. , and became 29 students (80.6%) and 32 students (88.9%) at the first and second meetings of cycle II. 2) history learning achievement increased, in pre-cycle the average was 71.9 and learning completeness was 23 students (63.9%), increased to an average of 75.9 and learning completeness was 28 students (77.8%) in the first cycle , and an average of 82.4 with learning completeness as many as 33 students (91.7%) in the second cycle.
Keywords : motivation, learning achievement, student teams achievement divisions
Published
2022-03-11
Issue
Section
Articles