INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DAN PEMBIASAAN DI SEKOLAH UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA
Abstract
Penelitian ini mempunyai dua tujuan yaitu (1) untuk mengetahui proses integrasi nilai-nilai pendidikan keluarga dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk membangun karakter siswa di SMAN 1 Godean. Sedangkan tujuan yang ke (2) adalah untuk mengetahui proses integrasi nilai-nilai pendidikan keluarga dalam pembiasaan di sekolah untuk membangun karakter siswa di SMAN 1 Godean. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Adapun tempat penelitian di SMAN 1 Godean. Waktu penelitian pada bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober 2015. Subjek penelitian adalah guru, siswa kelas X MIPA-IPS, kepala sekolah dan guru bimbingan konseling. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan metode diskriptif kualitatif dengan model interaktif yang meliputi: pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan selanjutnya penarikan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkandua hal, (1) proses integrasi nilai-nilai pendidikan keluarga dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk membangun karakter siswa dapat dilakukan dengan cara melihat kompetensi inti dan kompetensi dasarnya serta dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai pula. (2) proses integrasi nilai-nilai pendidikan keluarga dalam pembiasaan di sekolah untuk membangun karakter siswa dapat dilakukan dengan menanamkan kebiasaan dan suri tauladan yang baik serta menerapkan visi dan misi untuk mendidik siswa agar tidak hanya pandai dalam hal kognitif saja tetapi juga berkarakter yang positif.Kata kunci : Integrasi Nilai Pendidikan Keluarga, Pembelajaran Pendidikan PKn
This research has twoobjectives. The first one is to know the integration process of family education in civics learning to build up the students` characters in SMA 1 Godean. The second objectives is to know the integration process in making the family education as a habit build. This research belong to qualitative research. It was conducted in SMA N 1 Godean in August to October 2015. The subject of the research were the teacher, the 10thgrade students, the headmaster and counselors. The method used in gathering the data were observation, interview and documentation. The data analysis used was descriptive qualitative with the interactive model involving: data collecting, data presentation, data reduction and conclusion. The research resultin two things. The first is that the
 Erni Widiarti adalah Alumni Program Pascasarjana PIPS Universitas PGRI Yogyakarta dan Buchory MS adalah Dosen Program Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta.
Jurnal Sosialita, Vol. 15, No.1, Maret 2021 Erni W dan Buchory, Integrasi Nilai-…
34
integration process of family education in civics learning to build up the students` characters can be done in some ways which are related to material, the competences and also the learning models. The second conclusion that the integration process in making the family education as a habit to build up the students` characters can be done by implementing it at school and giving model in achieving the school`s vision and mission, not only in the term of cognitive but also of positive characters.
Keywords: Integration of Family Education Values, Civics Education Learning