PENINGKATAN MINAT, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 SANDEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI)

Authors

  • Irawaty Rodiah Irawaty Rodiah Universitas PGRI Yogyakarta
  • Salamah salamah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran group investigation (GI) dalam (1) menjelaskan peningkatan minat belajar IPS (2) menjelaskan peningkatan motivasi belajar IPS (3) menjelaskan peningkatan hasil belajar IPS peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 1 Sanden melalui model pembelajaran group investigation (GI) tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan dua siklus. Sebagai subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII A sejumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran group investigation. Peserta didik dengan minat belajar kategori baik meningkat dari 24 peserta didik (75,0%) menjadi pada pertemuan pertama siklus I, menjadi 27 peserta didik (84,4%) pada pertemuan kedua siklus II. Motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran group investigation. Peserta didik dengan motivasi belajar kategori baik meningkat dari 21 peserta didik (65,6%) pada pertemuan pertama siklus I, menjadi 27 peserta didik (84,4%) pada pertemuan kedua siklus II. Hasil belajar dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran group investigation (GI) pada peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 1 Sanden tahun pelajaran 2018/2019. Hasil belajar IPS meningkat dari rata-rata sebesar 70,94 dan indeks ketuntasan sebesar 28,1% pada pra siklus, menjadi rata-rata sebesar 82,81 dan indeks ketuntasan sebesar 84,4% pada siklus II.
Kata Kunci: Minat, Motivasi, Hasil Belajar IPS
This study aims to determine the application of the group investigation (GI) learning model in (1) explaining the increase in social studies learning interest (2) explaining the increase in social studies motivation (3) explaining the increase in social studies learning outcomes for VIIIA grade students of SMP Negeri 1 Sanden through group learning models investigation (GI) 2018/2019 school year. This research is a class action research, with two cycles. As the subject of the study were 32 students of Class VIII A. Data collection techniques used were observation, interviews, and tests. Data analysis techniques using descriptive techniques with quantitative and qualitative approaches. The results showed that interest in learning could be increased through the group investigation learning model. Students with a good interest in learning categories increased from
 Irawaty Rodiah adalah Alumni Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta dan Salamah adalah Pengajar Program Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta.
Jurnal Sosialita, Vol. 15, No.1, Maret 2021 Irawaty R. dan Salamah, Peningkatan Minat…
50
24 students (75.0%) to the first meeting of the first cycle, to 27 students (84.4%) at the second meeting of the second cycle. Learning motivation can be improved through a group investigation learning model. Students with good learning motivation category increased from 21 students (65.6%) at the first meeting of the first cycle, to 27 students (84.4%) at the second meeting of the second cycle. Social studies learning outcomes can be improved through the group investigation learning model (GI) in class VIIIA students at SMP Negeri 1 Sanden in the 2018/2019 academic year. Social studies learning outcomes increased from an average of 70.94 and completeness index by 28.1% in pre-cycle, to an average of 82.81 and completeness index by 84.4% in cycle II.
Keyword: Interest, Motivation, Learning Outcomes of Social Studies

Published

2022-03-14