PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua, kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua, kemandirian belajar, motivasi belajar dan prestasi belajar IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Negeri Se-Gugus Boden Powel Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo sebanyak 148 anak. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, sehingga siswa Kelas V SD Negeri Se-Gugus Boden Powel Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo akan menjadi sampel penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisa regresi linear berganda. Hasil penelitian disimpulkan: (1) Ada pengaruh positif pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar IPS sebesar 13,2%. (2) Ada pengaruh positif kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS sebesar 14,8%. (3) Ada pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS sebesar 12,9%. (4) Ada pengaruh positif pola asuh orang tua, kemandirian belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS sebesar 40,9%.Kata Kunci: pola asuh, motivasi belajar, kemandirian, dan prestasi belajar IPS.
The purpose of this study is to explain the influence of parenting, learning independence and motivation to learn on social study achievement. This research uses quantitative research. The variables in this study are parenting, learning independence, learning motivation and social studies learning achievement. The population in this study were all Grade V students of Boden Powel Elementary School in Gebang Subdistrict, Purworejo Regency with 148 children. This study is a population study, so students in Class V of Elementary School in Boden Powel, Gebang District, Purworejo Regency will be the sample of this study. Data collection techniques using questionnaires and documentation. The analysis used is multiple linear regression analysis. The results of the study concluded: (1) There is a positive influence of parenting parents on social studies learning achievements by 13.2%. (2) There is a positive influence of learning independence on social studies learning achievement by 14.8%. (3) There is a positive influence of learning motivation on social studies learning achievement by 12.9%. (4) There is a positive influence of parenting,
 Lasminah adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta dan Esti Setiawati adalah Dosen Program Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta.
Jurnal Sosialita, Vol. 15, No.1, Maret 2021 Lasminah dan Esti S, Pengaruh Pola Asuh…
76
learning independence and motivation to learn together on social studies learning achievements by 40.9%.
Keywords: parenting, independence learning, motivation, and social studies learning achievement.