IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengintegrasian gerakan literasi pada pembelajaran IPS dalam upaya pembentukan karakter dan faktor pendukung serta penghambat pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Banguntapan Bantul. Subjek penelitian adalah guru IPS yang mengintegrasikan gerakan literasi dalam pembelajaran IPS dan peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa proses integrasi gerakan literasi dalam pembelajaran IPS dilakukan guru dengan memasukkan kegiatan literasi di dalam strategi pembelajaran yang tertuang dalam RPP, sebagai upaya pembentukan karakter pada peserta didik. Faktor pendukung pembentukan karakter adalah keterlibatan seluruh warga sekolah, keteladanan Kepala Sekolah dan Guru, sarana dan prasarana, program ekstrakurikuler dan kegiatan keagamaan. Faktor penghambat adalah Pola perilaku peserta didik sulit diatur, Latar belakang sosial ekonomi, guru yang kurang kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran.Kata Kunci: Gerakan Literasi, Pembelajaran IPS, Pembentukan Karakter
This research aimed to knowing the integration of the literacy movement in social studies learning as the efforts to form character and the supporting and inhibiting factors for the character formation. This research uses a qualitative method. This research was conducted at State Junior High School 1 Banguntapan Bantul. The research subjects are social studies teachers who integrate literacy movements in social studies learning and class VIII students. Data collection techniques used are participatory observation, interviews, and documentation. The data analysis technique uses interactive analysis which consists of three lines, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the research concluded that the process of integration of the literacy movement in social studies learning was carried out by the teacher by incorporating literacy activities in the learning strategies contained in the RPP as well as character building efforts. Factors supporting character formation are involvement of all school members, exemplary principals and teachers, facilities and infrastructure, various extracurricular programs, Religious activities. The inhibiting factors are: the behavior patterns are sometimes difficult to regulate, socio-economic background, and there are still some less creative and innovative teachers in the learning process.
Keywords: Literacy Movement, Social Studies Learning, Character Building