STUDI TENTANG KUALITAS DAN PRODUK MENGAJAR GURU IPS MELALUI MODEL KETERAMPILAN PROSES DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MA Al KHAIRAT MADOPOLO
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Pembiasaan Nilai Moral Pada Pembelajaran IPS Melalui Pengembangan Model Keterampilan Proses Yang Berbasis Kompotensi Pada Siswa MA Alkhairat Madopolo Untuk mendapatkan infonnasi ilmiah langkah-langkah upaya mengembangkan rasa tanggung jawab melalui pembiasaan nilai moral pada pembelajaran IPS. Hipotesis yang diajukan yaitu ada hubungan yang signifikan antara prestasi belajar PKn dengan Pembiasaan nilai moral melalui Model Keterampilan Proses Yang Berbasis Kompotensi Pada SiswaMA Al Khairat Madopolo. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan paradigma kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Pembiasaan Nilai Moral dan prestasi belajar PKn, sedangkan variabel terikatnya Model Keterampilan Proses Yang Berbasis Kompotensi. Jumlah subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa MA Al Khairat Madopolo. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X-XI yang berjumlah 37 orang siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik non random sampling dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Studi deskriptif dalam penelitian berfungsi untuk mengumpulkan data sebanyak-banyaknya mengenai Pembiasaan Nilai Moral Pada Pembelajaran IPS Melalui Pengembangan Model Keterampilan Proses Yang Berbasis Kompotensi Pada SiswaMA Al Khairat Madopolo. Hasil temuan penelitian pada skripsi ini menunjukkan rata-rata tingkat prestasi belajar IPS dan kesadaran moral sangat signifikan. Hal ini terlihat pada analisis terhadap variabel Pembiasaan Nilai Moral Pada Pembelajaran IPS melalui Pengembangan Model Keterampilan Proses Yang Berbasis Kompotensi. Dengan demikian hipotesis yang dajukan yaitu ada hubungan yang signifikan antara Pembiasaan Nilai Moral Pada Pembelajaran IPS dan pengunaan Model Keterampilan Proses Yang Berbasis Kompotensi Pada Siswa MA Al Khairat Madopolo teruji kebenarannya dan hipotesis yang diajukan dapat diterima.Kata Kunci; Produk Mengajar, Guru IPS, Prestasi Belajar Siswa, Al-Khairat Madopolo
This research is to find out how to habituate moral values in social studies learning through the development of a process skills model based on potential in MA Alkhairat Madopolo students. To get scientific information, steps are taken to develop a sense of responsibility through habituation of moral values in social studies learning. The hypothesis proposed is that there is a significant relationship between Civics learning achievement and moral value habituation through the Competency-Based Process Skills Model of MA Al Khairat Madopolo Students. The research method used is descriptive with a quantitative paradigm. The independent variable in this
 Asnita Ode Samili dan Jainudin Hasim adalah Dosen Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun Tenate Utara.
Jurnal Sosialita, Vol. 15, No.1, Maret 2021 Asnita dan Jainudin, Studi Tentang Kualitas…
172
study is the habituation of moral values and civics learning achievement, while the dependent variable is the Competency-based Process Skills Model. The number of research subjects in this study were all students of MA Al Khairat Madopolo. While the sample used in this study were 37 students of class X-XI. The sampling technique used in this research is non-random sampling technique by means of purposive sampling. Collecting data using questionnaires and documentation. The research method used is descriptive research. The descriptive study in research functions to collect as much data as possible regarding the Habituation of Moral Values in Social Studies Learning through the Development of a Competency-Based Process Skills Model for MA Al Khairat Madopolo Students. The results of the research findings in this thesis show that the average level of social studies learning achievement and moral awareness is very significant. This can be seen in the analysis of the Moral Value Habitual variable in Social Studies Learning through the Development of a Competency-Based Process Skills Model. Thus the hypothesis that is proposed is that there is a significant relationship between Moral Value Habits in Social Studies Learning and the use of the Competency-Based Process Skills Model for MA Al Khairat Madopolo Students is proven true and the proposed hypothesis can be accepted.
Keywords; Teaching Products, Social Studies Teacher, Student Achievement, Al-Khairat Madopolo