PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM PENGOLAHAN DATA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan prestasi belajar matematika materi pengolahan data pada siswa kelas IV SD N Mendiro dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples. 2) Menerapkan model pembelajaran Examples Non Examples untuk meningkatkan prestasi belajar matematika materi pengolahan data pada siswa kelas IV SD N Mendiro tahun pelajaran 2018/ 2019. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 27 siswa. Tahapan dalam penelitian ini meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Penerapan model pembelajaran Examples non Examples yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran Matematika, khususnya mengenai materi penyajian data peningkatan dan penelitian diberhentikan pada siklus ke II, hal ini terlihat pada pra siklus nilai rata-rata prestasi belajar matematika 69,13 dengan ketuntasan 47,82% meningkat pada siklus I dengan rata-rata prestasi belajar 82,82 dengan ketuntasan 65,21% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata prestasi belajar 90,87 dengan ketuntasan 78,26%.Kata Kunci: prestasi belajar, model pembelajaran example non example
This study aimed to 1) improve mathematics learning achievement in processing data topic of the fourth graders at SD N Mendiro (Mendiro State Elementary School) using Examples Non Examples learning model; 2) apply Examples Non Examples learning model to improve mathematics learning achievement in processing data topic of the fourth graders at SD N Mendiro in 2018/ 2019 school year. This was a classroom action research.Subjects consisted of 27 students. There were four stages, namely, planning, implementation, observation and reflection. Data were gathered by using tests. Data were analyzed by using descriptive quantitative technique with persentage. The Examples non Examples learning model was used by the teacher in Matematics learning, especially concerning data presentation topic. The improvement and research was ended at cycle II. It was indicated that at pre-cycle, the average score of mathematics learning achievement was 69.13 with learning mastery of 47.82% improved at cycle I with the learning achievement average of 82.82 with learning mastery of 65.21% and improved at cycle II with learning average score of 90.87 with the learning mastery of 78.26%.
Keywords: learning achievement, example non example learning model