FILOSOFI KOSMOLOGI SIMBOLIK GELAR SULTAN, LAMBANG KERAJAAN, DAN NILAI IPS YANG DAPAT DIJADIKAN LITERASI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH
Abstract
Gunawan SridiyatmikoABSTRAK
Tujuan Penelitian ini secara umum adalah untuk mengkaji secara
mendalam mengenai filosofi kosmologi simbolik dalam gelar Sultan,
lambang kerajaan. Secara khusus penelitian ini adalah menemukan nilai
nilai IPS yang dapat dikembangnkan sebagai literasi materi pembelajaran
IPS di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan sumber-sumber
dokumen sejarah yang diperoleh di perpustakaan Kraton Kasultanan
Yogyakarta. Data penelitian berupa arsip dan dokumen yang diperkuat
hasil wawancara mendalam dengan para abdi dalem kraton. Kegiatan
analisa data dilaksanan menggunakan model interaktif, dengan tahap-tahap
pengumpulan data, penyajian data, verivikasi, penariakan kesimpulan, dan
penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan perpanjangan
waktu dan triangulasi serta konfirmasi dengan ahli. Penelitia ini
menemukan Filosofi simbolik yang cukup menarik, yaitu: 1) kosmologi
simbolik berkaitan dengan gelar sultan, 2) lambang kerajaan. Kesimpulan
yang diperloleh berkaitan dengan nilai-nilai Ke IPS an yang dapat
dikembangkan menjadi literasi pembelajaran IPS di sekolah dari penelitian
ini adalah ketrampilan geografi berupa kemampuan dan kesadaran
keruangan, dan nilai nilai nilai historis atau nilai keteladanan.
Kata Kunci: Filosofi Simbolik, nilai geografis, dan nilai historis
The purpose of this research in general is to examine in depth the
philosophy of symbolic cosmology in the title of Sultan, the symbol of the
kingdom. Specifically this research is to find the value of social studies
which can be developed as a literacy of social studies learning materials in
schools. This research was conducted using historical document sources
obtained at Yogyakarta Sultanate Palace library. Research data in the form
of archives and documents are reinforced by in-depth interviews with the
palace courtiers. Data analysis activities are carried out using an
interactive model, with the stages of data collection, data presentation,
verification, conclusions withdrawal, and drawing conclusions. The data
validity technique uses time extension and triangulation and expert
confirmation. This research found symbolic philosophy is quite interesting,
namely: 1) symbolic cosmology associated with the title of the sultan, 2) the
symbol of the kingdom. The conclusions obtained relating to the values of
social studies that can be developed into social studies learning literacy in
schools from this study are geographical skills in the form of ability and
spatial awareness, and historical Values or exemplary.
Keywords: Symbolic philosophy, geographical value, and historical value