PENINGKATAN KOMPETENSI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH MELALUI PEMBIMBINGAN DENGAN TEKNIK SUPERVISI INTEL

Authors

  • Santoso Santoso Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Santoso
ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi supervisi
kepala sekolah melalui pembimbingan dengan teknik supervisi Intel. Dalam
penelitian ini dilaksanakan 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri empat
langkah yakni perencanaan, tindakan, pengamatan atau observasi dan
refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembimbingan oleh
pengawas dan kompetensi supervisi kepala sekolah sebelum dilakukan
pembimbingan dengan teknik supervisi Intel masih rendah. Hasil evaluasi
diri proses pembimbingan memperoleh skor nilai 2,00 sedangkan
kompetensi supervisi kepala sekolah dengan nilai rerata 63,08. Setelah
dilakukan pembimbingan dengan teknik supervisi Intel terdapat
peningkatan, hasil pengamatan pembimbingan oeh pengawas mencapai
3,10 pada siklus I, dan pada siklus II mencapai 3,20 dengan kategori Amat
Baik. Kompetensi Supervisi kepala sekolah mencapai rerata 75,88 pada
siklus I, dan pada siklus II rerata nilai kompetensi supervisi kepala sekolah
adalah 84,12. Total kenaikan dari kondisi awal ke kondisi akhir adalah
21,04 atau 33,35 %
Kata Kunci : Pembimbingan, Supervisi Intel, Kompetensi Supervisi Kepala
Sekolah.
This research purports to improve headmasters’ supervisory competence
using intel supervision technique guidance. This research was conducted in
2 (two) cycles. Each cycle consisted of four stage i.e. planning, action,
observation and reflection. The result of the research indicates that
guidance by supervisors and headmasters’ supervisory competence prior to
the provision of intel supervision technique guidance were low. Selfevaluation
resulted in supervision score 2,00 while headmasters’
supervisory competence averaged 63,08. After the implementation of intel
supervision technique guidance there was improvement i.e. result from
supervision evaluation by observers reached 3,10 in cycle I, and in cycle II
improve further to 3,20 and falls within Very Good category. Headmasters’
supervisory competence averaged 75,88 in cycle I, and in cycle II their
supervisory competence rose to 84,12. Total improvement from original
state to final state is 21,04 atau 33,35 %
Keywords: Guidance, Intel Supervision, Headmasters’ supervisory
competence

Downloads

Published

2022-03-17