UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGHITUNG LUAS DAN VOLUME KUBUS, BALOK, PRISMA DAN LIMAS DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING PESERTA DIDIK

Authors

  • Sri Asih Sri Asih Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Sri Asih
ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dengan tujuan Meningkatkan Hasil Belajar Menghitung Luas dan Volume Kubus, Balok, Prisma dan Limas dengan Pendekatan Problem Posing Peserta Didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Spiral dari Kemmis dan Taggart (1988). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Tempel, Sleman Sejumlah 32 peseta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan tes hasil belajar Menghitung Luas dan Volume Kubus, Balok, Prisma dan Limas dengan Pendekatan Problem Posing Data yang terkumpul dianalisis dengan metode diskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam pembelajaran Menghitung Luas dan Volume Kubus, Balok, Prisma dan Limas dengan Pendekatan Problem Posing ini apabila tercapai ketuntasan belajar klasikal >85%, dan dengan ketuntasan individu >75 %. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar Menghitung Luas dan Volume Kubus, Balok, Prisma dan Limas dengan Pendekatan Problem Posing peserta didik sebesar 87.50% (baik sekali), hal ini dapat dilihat bahwa pembelajaran Menghitung Luas dan Volume Kubus, Balok, Prisma dan Limas dengan Pendekatan Problem Posing perolehan pada siklus I adalah 12,50% sedangkan pada siklus II mencapai 87,50%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan hasil belajar Menghitung Luas dan Volume Kubus, Balok, Prisma dan Limas dengan Pendekatan Problem Posing peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 1 Tempel, Sleman.
Kata Kunci : hasil belajar, problem posing.
This research was conducted during April – May 2017 aiming to improve the students’ learning outcomes in calculating the areas and volumes of Cube, Block, prism, and pyramid using Problem Posing approach. This was a classroom action research with Kemmis and Taggart’s Spiral model (1988). Subjects involved 32 students of Class VIIID at SMP Negeri 1 Tempel, Sleman. Data were collected through the use of observation and learning outcomes test of calculating cube, block, prism, and pyramid using Problem Posing approach. The data gathered were analyzed on descriptive-quantitative basis. The criteria of success in calculating cube, block, prism, and pyramid using Problem Posing approach refers to the classical and individual learning mastery of > 85% and of > 75%, respectively. The result of this research indicated that the learning outcomes in calculating the area of cube, block, prism, and pyramid using Problem Posing approach of students as 87.50% (very good); this was indicated by the students’ learning outcomes of calculating the area of
 Sri Asih adalah Guru SMP Negeri 1 Tempel.
Jurnal Sosialita, Vol. 12, No.2, November 2019 Sri Asih, Upaya Meningkatkan…
384
cube, block, prism, and pyramid using Problem Posing approach in cycle I and II were 12.50% and 87.50%, respectively. Based on the data, it is concluded that the use of Problem Posing approach has been able to improve the students’ learning outcomes of calculating the area of cube, block, prism, and pyramid at Class VIII D of SMP Negeri 1 Tempel, Sleman.
Keywords: learning outcomes, problem posing

Downloads

Published

2022-03-17