PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VI DENGAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAP)
Abstract
Ariyanto dan SalamahABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS siswa melalui metode peta pikiran (mind map). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Purbayan dengan jumlah 23 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan adalah kriteria ketuntasan minimal (KKM) diperoleh 75% siswa dengan KKM ≥70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan mind map dapat meningkatkan: (1) jumlah siswa yang mencapai KKM dari 4 siswa (17%) di prasiklus, menjadi 16 siswa (70%) di siklus I dan 21 siswa (91%) di siklus II; (2) motivasi siswa berkategori baik dari 1 siswa (4%) di prasiklus, menjadi 4 siswa (17%) kategori baik dan 3 siswa (13%) kategori sangat baik di siklus II serta 16 siswa (70%) kategori baik dan 3 siswa (13%) kategori sangat baik di siklus II.
Kata Kunci: Motivasi, prestasi belajar IPS, mind map
The aims of this research are to increase students’ motivation and achievement in learning IPS through mind map method. Research subjects are 23 students of 4th grade at SD Negeri Purbayan. This research is classroom action research with 2 cycles; consist of planning, acting, observation, and reflection. Data collecting techniques use observation, questioners, test, interview, and documentation. The data analyzed using descriptive quantitative and qualitative method. Achievement criteria is minimal completeness criteria (KKM) that gotten by 75% students with KKM ≥70. The results of research show that by using mind map can increase: (1) the amount of students who can reach KKM from 4 students (17%) in pre-cycle, become 16 students (70%) in 1st cycle and 21 students (91%) in 2nd cycle; (2) students’ motivation from 1 student (4%) with good category in pre-cycle, become 4 students (17%) with good category and 3 students (13%) with the best category in 1st, then 16 students (70%) with good category and 3 students (13%) with the best category in 2nd cycle.
Keywords: Motivation, IPS learning achievement, mind map