PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIS DAN MOTIVASI MENGAJAR IPS GURU KELAS V SD MELALUI DISKUSI

Authors

  • Dwi Nur Riyadi Dwi Nur Riyadi Universitas PGRI Yogyakarta
  • John. Sabari John. Sabari Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Dwi Nur Riyadi dan John Sabari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogis dan motivasi mengajar IPS guru kelas V SD melalui diskusi. Penelitian ini dilaksanakan di Gugus Syech Maulana Maghribi Purworejo dengan subjek penelitian adalah 7 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian kompetensi dan angket motivasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) ada peningkatan kompetensi pedagogis guru kelas V yang ditunjukkan dari nilai yang diperolah masing-masing guru dan nilai rata-rata kompetensi pedagogis setiap siklus. Pada prasiklus, nilai rata-rata 72,29 dengan persentase ketuntasan 28,57%, meningkat mejadi 75,56 dengan persentase ketuntatasan 57,14% pada siklus I, dan menjadi 76,64 dengan persentase 85,71% pada siklus II; (2) ada peningkatan motivasi mengajar IPS guru kelas V yang ditunjukkan dari nilai rata-rata motivasi mengajar yang dicapai guru pada prasiklus 74,07, meningkat menjadi 82,45 pada siklus I, dan 84,94 siklus II. Hal ini berarti diskusi dalam KKG dapat meningkatkan kompetensi pedagogis dan motivasi mengajar IPS guru kelas V melalui diskusi.
Kata kunci: kompetensi pedagogis, motivasi mengajar, diskusi di KKG
This research aims to increase teachers’ pedagogical competence and motivation in teaching social science (IPS) for 5th grade students of elementary school through discussion. This research is conducted in o Shaykh Maulana Maghribi Cluster, Purworejo. The subjects of this research are 7 teachers. Data collection techniques in this research use competency assessment tools and motivation questionnaires. The results showed that: (1) teachers’ pedagogical competence increase through discussion that shown by increasing the score of each teachers and the average of pedagogical competence score each cycle. The average score in pre-cycle is 72.29 with the percentage of completeness 28.57%, increase to 75.56 with the percentage 57.14% in 1st cycle and 76.64 with the percentage 85.71%; (2) teachers’ teaching motivation increase for teaching social science (IPS) that shown by teachers’ teaching motivation in pre-cycle is 74.07, become 82,45 in 1st cycle and 84.94 in 2nd cycle. It means that discussion in KKG can improve teachers’ pedagogical competence and motivation for teaching 5th grade social science (IPS) through discussions in KKG.
Keywords: pedagogical competence, teaching motivation, discussion

Downloads

Published

2022-03-21

How to Cite

Dwi Nur Riyadi, D. . N. R., & John. Sabari, J. S. (2022). PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIS DAN MOTIVASI MENGAJAR IPS GURU KELAS V SD MELALUI DISKUSI. Jurnal Sosialita, 9(1). Retrieved from https://journal.upy.ac.id/index.php/sosialita/article/view/2395