UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI, KERJA SAMA, DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PROJECT BASED LEARNING

Authors

  • Ernawati Setyo Nugraheni Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan kemampuan komunikasi, kerja sama, dan prestasi belajar IPS dengan penerapan Project Based Learning. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Kemiri berjumlah 27 siswa. Penelitian meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, angket, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) dengan penggunaan model pembelajaran kolaboratif Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi, meningkat dari prasiklus sebesar 44,44%, menjadi siklus I menjadi 77,78% dan siklus II menjadi 92,50%, 2) dengan penggunaan model pembelajaran kolaboratif Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kerja sama siswa, meningkat dari prasiklus 51,85%, pada siklus I 74,07% dan siklus II 88,89%, 3) dengan penggunaan model pembelajaran kolaboratif Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa, meningkat jumlah ketuntasan siswa dari prasiklus 37,04%, siklus I 62,96% dan siklus II 92,59%.

Kata Kunci: komunikasi, kerja sama, prestasi belajar IPS, Project Based 

Learning

Downloads

Published

2020-05-14

Issue

Section

Articles