PENGARUH PENDIDIKAN KELUARGA, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER

Authors

  • Ratminingrum Ratminingrum Universitas PGRI Yogyakarta
  • Sunarti Sunarti UNiversitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan keluarga, kecerdasan emosional dan kompetensi guru terhadap pembentukan karakter peserta didik SMP Negeri 4 PakemTahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 4 Pakem yang berjumlah 159 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh positif dan signifikan pendidikan keluarga terhadap pembentukan karakter. Hal ini dibuktikan dengan thitung = 2.718, sig =

0.044, 2) Ada pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap pembentukan karakter. Hal ini dibuktikan dengan thitung = 2.086, sig = 0.032. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan kompetensi guru terhadap pembentukan karakter. Hal ini dibuktikan dengan thitung = 2.963, sig = 0.004. 4) Ada pengaruh positif dan signifikan pendidikan keluarga, kecerdasan emosional dan kompetensi guru secara bersama-sama terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas VII di SMP Negeri 4 Pakem Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan Freg = 8.668, sig = 0.014, berarti semakin baik pendidikan keluarga, semakin siswa mempunyai kecerdasan emosional yang tinggi yang disertai dengan kompetensi guru yang semakin baik maka semakin baik pula pembentukan karakter bagi peserta didik.

Kata Kunci: pendidikan keluarga, kecerdasan emosional, kompetensi guru dan pembentukan karakter

Downloads

Published

2020-05-14

Issue

Section

Articles