OPTIMALISASI SUPERVISI AKADEMIK PENDEKATAN KOLABORATIF GUNA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU KELAS
Abstract
Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk mengungkapkan optimalisasi supervisi akademik pendekatan kolaboratif guna meningkatkan kompetensi guru kelas I dan IV dalam menyusun RPP dalam proses pembelajaran saintifik pada guru sekolah binaan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subyek penelitian adalah guru penganpu guru kelas IV sekolah binaan Kecamatan Ngaglik berjumlah dari tiga sekolah terdiri dari 8 orang guru perempuan, dilakukan 2 siklus dengan alur: penentuan masalah, perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi. Data penelitian diperoleh melalui angket, observasi, dokumentasi, dan catatan. Analisis data dilakukan secara diskriptif, baik kualitatif maupun kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam pembelajaran saintifik meningkat. Hal itu nampak dalam perolehan hasil dari pra silkus dari pencermatan RPP rata-ratanya adalah baru 34,02 %, pada siklus 1 perolehan hasil 67,17% dan pada siklus 2 perolehan hasil 86,75%. Hasil dari pengamatan proses saintifik adalah dari pra siklus 57,5%, siklus I 73,75%, 88,12%,
Kata kunci: Supervisi Akademik, Pendekatan Kolaboratif, Kompetensi
Â
References
Haryani. 2012. Optimalisasi supervisi akademik pendekatan kolaboratif guna meningkatkan kompetensi guru Mata Pelajaran IPS dalam pelaksanaan proses pembelajaran saintifik pada guru sekolah binaan.
Margaret E. Bell Gredler. 1994. Belajar dan membelajarkan, Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Mulyasa H.E. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung, PT Remaja
Rosdakarya.
Parjono. Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY
Peraturan Pemerintah no 32. 2015. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.
Permendikbud, No 22, Tahun 2016 tentang Standar proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan. 2012. Penelitian Tindakan
Sekolah bahan ajar diklat pengawas. Jakarta.
Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan. 2017. Buku Kerja Pengawas
Sekolah. Jakarta.
Siagian Sondang P. 2004. Teori motivasi dan aplikasinya, Jakarta, Rineka
Cipta.
Suharsimi Arikunto, Suharjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas,
Jakarta: Bumi Aksara.