PENINGKATAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN PMP MELALUI PEMBIMBINGAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam melaksanakan PMP melalui pembimbingan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dua siklus. Tempat penelitian yaitu Gugus WR Supratman, UPT Dikpora Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dasar yang tergabung di Gugus WR Supratman berjumlah 7 orang. Objek penelitian adalah kompetensi kepala sekolah dalam melaksanakan PMP. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualititatif. Berdasarkan tindakan penelitian sekolah pada Siklus I dan Siklus II maka diperoleh kesimpulan bahwa Kepala Sekolah se-Gugus WR Supratman UPT Dikbudpora Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo dapat meningkatkan kompetensinya dalam melaksanakan PMP. Kepala sekolah mampu menjelaskan prosedur dan langkah-langkah dalam menyusun laporan PMP, menjawab secara runtut setiap pertanyaan tentang PMP. Ada peningkatan kompetensi melaksanakan PMP dari 62 % menjadi 94 %. Melalui pembimbingan, pengawas sekolah dapat meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam melaksanakan PMP.
Kata Kunci : Kompetensi Kepala Sekolah, PMP, Pembimbingan