PENINGKATAN KINERJA GUGUS SEKOLAH MELALUI STRATEGIC THINK, SHARE & ACTION (TSA)

Authors

  • Poniman Poniman

Abstract

enelitian terhadap kinerja gugus ini difokuskan pada manajemen gugus yang menurut instrumen dari Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, terdiri dari aspek perencanaan, pelaksanaan, transparansi dan evaluasi-pelaporan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kinerja gugus sekolah melalui Strategic Think, Share & Action (TSA). Pada metode penelitian, sebagai subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan stakeholder yang ada di Gugus Gatutkaca Kecamatan Bagelen. Penelitian tindakan ini menggunakan Siklus I dan II yang masing-masing siklus terdapat alur perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan bulan Juli 2017 sampai 30 Desember 2017. Dari hasil siklus I terdapat kenaikan kinerja gugus dari kondisi awal, yaitu dari 33,6 % (katagori kurang) menjadi 46,4 % (katagori cukup). Demikian juga untuk siklus II ada kenaikan dibanding siklus I, dari 46,4 % meningkat menjadi 64,8 % (katagori baik). Penggunaan strategi TSA mampu meningkatkan skor kinerja gugus untuk manajemen gugus dari kondisi awal 33,6 (katagori kurang) menjadi 64,8% (katagori baik).

Kata kunci : Think, Share & Action, peningkatan, kinerja gugus

Downloads

Published

2020-05-14

Issue

Section

Articles