UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU KELAS DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BERKELANJUTAN

Authors

  • Suranti Tri Murwani Pengawas Kabupaten Purworejo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru kelas VI dalam pengelolaan pembelajaran pada Sekolah Dasar se-Gugus Kartika Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo. Metode penelitian ini adalah dengan penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subyek penelitian ini adalah Guru Kelas VI se-Gugus Kartika. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tehnik pengumpulan data melalui tehnik pengamatan dan wawancara. Tehnik yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan tehnik analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kinerja guru mulai awal sebelum tindakan dengan skor rerata sebesar 54 (kategori sedang), setelah tindakan siklus I menjadi 67 (kategori cukup), dan setelah tindakan siklus II meningkat lagi menjadi 80 (kategori baik). Supervisi akademik berkelanjutan melalui pembimbingan individu yang dilakukan oleh pengawas sekolah terhadap guru dapat meningkatkan kinerja guru kelas VI pada Sekolah Dasar Gugus Kartika, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo dalam pengelolaan pembelajaran baik aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi dalam pembelajaran.

Kata kunci: supervisi akademik, kinerja guru.

References

Aqib Zaenal dan Rohmanto E. 2007. Membangun Profesionalise Guru dan

Pengawas Sekolah, Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2004. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta. Rineka Cipta. Bafadal, Ibrahim. 2004. Peningkatan Profesionalisme Guru SD. Jakarta:

Bumi Aksara.

Collons. D. Rodger. 1999. Menyoroti Sifat-Sifat Kepemimpinan. Dalam

Timpe.

Depdiknas. 2007.Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar

KwalifikasiAkademik dan Kompetensi Guru, Jakarta : Depdiknas. Depdiknas. 2007.Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar

Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta : Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Peraturan Pemerintan Nomor 74 Tahun 2008 Tentang

Guru.

Depdiknas. 2009. Penelitian Tindakan Sekolah, Jakarta : Ditjen PMPTK

Depdiknas.

Fatah, N. 1996. Landasan Manajemen Pendidikan Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. 2006. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Muhtar & Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta.

Gaung Persada.

Mulyasa. 2006. Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Pidarta, Made. 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual.Jakarta. Rineka Cipta. Sahertian, Piet. 2000. Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Sastrohadiwiryo, Siswanto. 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia.

Jakarta: PT Bumi Akasara.

Undang-Undang RI Nomor 20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:

Depdiknas.

Wahosumidjo, 2003. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta : Raja Grafindo

Perkasa.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung :

PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2020-05-30

How to Cite

Murwani, S. T. (2020). UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU KELAS DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BERKELANJUTAN. Jurnal Sosialita, 10(2). Retrieved from https://journal.upy.ac.id/index.php/sosialita/article/view/729