PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA PROGRAM PENDAMPINGAN ANAK PPA DOMBY KID’S HOPE 2 YOGYAKARTA
Abstract
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan, proses penanaman nilai-nilai karakter, dan faktor pendukung dan penghambat Program Pendampingan Anak PPA Domby Kid’s Hope 2, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian desktiptif kualitatif. Hasil penelitian 1) Program Pendampingan Anak PPA Domby Kid’s Hope 2 Yogyakarta menggunakan pendektan holistik integralistik yang mengembangkan seluruh potensi baik fisik, kognitif, sosio-emosional, maupun spiritual, 2) Penanaman nilai karakter pada anak asuh diintegrasikan dalam setiap kegiatan pendampingan dengan menggunakan metode pembiasaan, keteladanan, penghargaan dan hukuman, serta pembudayaan senyum, sapa, salam, dan terimakasih (3S-T). Nilai-nilai utama karakter yang ditanamkan pada anak asuh Domby Kid’s Hope 2 yaitu religius, jujur, disiplin, mandiri, toleransi, kerja keras, peduli, dan menghargai orang lain, 3) faktor penghambat yang dijumpai adalah karakter anak asuh yang sudah terbentuk, kendala waktu, sikap anak asuh seperti malas, kurang fighting spirit, dan inkonsistensi, serta pergantian mentor. Sementara, dukungan orang tua anak asuh, komitmen para relawan, dan semangat anak asuh untuk menjadi lebih baik merupakan faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai karakter pada anak asuh.
Kata Kunci : Penanaman, Nilai-nilai Karakter, Program Pendampingan
Anak
References
Agung, L. 2011. “Character Education Integration In Social Studies
Learningâ€. International Journal of History Education, Vol. 12, No. 2, Desember 2011, pp. 392-403.
Aloni, Nimrod. 2007. Enhanching Humanity: The Philosophical Foundations fo Humanistic Education. The Netherland: Springer
Gulati, Sushma dan Pant, Daya. 2005. Education for Values in Schools – A
Framework Department of Educational Psychology and Foundation of Education. New Delhi: NCERT.
Miles, M., Huberman, M., dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A
Methods Sourcebook, California: SAGE Publication.
Moleong, L. J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Peraturan Presiden Republik Indonesia. 2017. Peraturan Pemerintah, Nomor
, Tahun 2017, tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
Undang-undang. 2003. Undang-undang Republik Indonesia, Nomor 20,
Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.