PENGARUH GAYA BELAJAR, PERHATIAN ORANG TUA, DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT BELAJAR IPS
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar, perhatian orang tua, dan pemanfaatan perpustakaan terhadap minat belajar IPS baik secara parsial maupun simultan terhadap minat belajar. Penelitian menggunakan pendekatan expost facto. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, uji hipotesis menggunakan regresi berganda.Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa gaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajardengan nilai signifikansi 0,024, perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar dengan nilai signifikansi 0,002, pemanfaatan perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar dengan nilai signifikansi 0,000, gaya belajar, perhatian orang tua, dan pemanfaatan perpustakaan secara bersama-sama juga berpengaruf positif dan signifikan terhadap minat belajar dengan nilai dengan nilai R = 0,580; R2 = 0,336; F hitung 24,946; signifikansi 0,000.
Kata Kunci: gaya belajar, perhatian orang tua, pemanfaatan perpustakaaan, minat belajar IPS
References
Bafadal, Ibrahim. 2011. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi
Aksara.
DePorter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 2011. Quantum Learning. Bandung:
PT. Mizan Pustaka.
Ghufron, N dan Risnawita, Rini. 2013. Gaya Belajar Kajian Teoretik.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Khairani, Makmun. 2014. Psikologi Belajar.Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Lasa HS. 2016. Manajemen Perpustakaan Sekolah/Madrasah. Yogyakarta:
Penerbit Ombak.
Simbolon, Naeklan. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar.
Diakses dari journal.unimed.ac.id pada tanggal 30 Juni 2017 pukul
00 WIB.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:
Rineka Cipta.
Sugihartono, dkk. 2013. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suryabrata, Sumadi. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta Rajagrafindo
Persada.
Utomo, Tatag. 2015. Mencegah dan Mengatasi Krisis Anak Melalui
Pengembangan Sikap Mental Orang Tua. Jakarta: PT. Grasindo